selasar-loader

Apa itu Campak-Rubella?

LINE it!
Answered Feb 01, 2018

Amala Rahmatia Putri
Public Health, UI | Awardee Rumah Kepemimpinan Jakarta 8'

Penyakit Campak juga dikenal dengan nama lain Measles/Morbili. Campak disebabkan oleh virus dan dapat dengan sangat mudah ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala yang biasa dialami penderita adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau mata merah (conjunctivitis). Campak menjadi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, atau meningitis. Komplikasi ini dapat menyebabkan kematian.

Penyakit Rubella merupakan penyakit yang tidak jauh berbeda dengan Campak yang juga disebabkan oleh virus. Rubella dengan mudah ditularkan melaui batuk/bersin. Penderita penyakit pada anak seringkali hanya menimbulkan gejala demam ringan atau bahkan tanpa gejala sehingga sering tidak disadari dan tidak dilaporkan. Namun, apabila Rubella ini menyerang ibu hamil terutama pada trimester pertama, efeknya akan sangat fatal yaitu dapat mengakibatkan keguguran atau bayi lahir dengan cacat bawaan yang disebut congenital rubella syndrome (CRS).

Melihat efek kefatalannya, tugas kita untuk tidak lupa dan ikut mengkampanyekan imunisasi. Yuk, demi kesehatan kita bersama.

 

Referensi: 

 

181 Views
Write your answer View all answers to this question