selasar-loader

Bagaimana rasanya kuliah di Belanda?

LINE it!
Answered May 03, 2017

Hari Nugroho
Kecanduan mencari beasiswa ke luar negeri

wDvK_K2LCHQOKSIFzUktGnujch5JXW5A.png

Saya sepakat jika kuliah di Belanda berat, meski hanya mengikuti fellowship sebentar di Amsterdam, hawa beratnya kuliah sudah terasa. Belum kedua kaki meninggalkan Indonesia, tugas paper yang harus dikumpulkan sudah banyak. Rasanya mual begitu dapat email di dashboard mengenai tugas. Jadi, begitu sampai Belanda, istirahat sebentar dan mulai mengetik paper.

Tugas bacaan juga banyak, beruntung dikasih  akses e-library yang oke banget, lumayan buat mempermudah menyelesaikan tugas, coba di Indonesia, stress saya bisa makin berat.

Tapi itulah belajar, mau di manapun namanya belajar butuh usaha, butuh ketekunan, butuh keseriusan. Saya teringat kisah-kisah intelektual muslim, para ulama yang sedemikian seriusnya ketika belajar, tak mau banyak membuang waktu, hingga mereka jarang makan, atau ketika makan akan berusaha untuk makan makanan yang kalo perlu tidak dikunyah.

Berat ringannya belajar tentu bergantung dari kita sebagai pelajar, jika memang serius mengejar cita-cita, apapun akan diusahakan. Belajar itu pengorbanan, siap menderita.

 

sumber gambar: blogspot.com

101 Views
Write your answer View all answers to this question