selasar-loader

Apa terapi pengobatan paling aneh/ekstrem yang pernah Anda alami?

LINE it!
Answered Jan 31, 2018

M. Iqbal Harefa
Rumah Kepemimpinan Regional Medan

Terapi pengobatan yang aneh nan estrem yang pernah saya jalani adalah GURAH, "Istilah gurah dikenal kalangan pesinden, penyanyi, qori, ataupun qoriah untuk merujuk proses menyaringkan suara dengan akar tumbuhan yang telah di ubah menjadi semacam obat cair. Selain oleh mereka yang memang memerlukan suara bagus, gurah juga dilakukan untuk menyembuhkan penyakit asma, batuk kering, dan batuk berdahak banyak"

Begitulah penjelasan dari salah seorang ustad ketika menjelaskan kepadaku. ketika itu aku sedang berada tepat didepan orang yang sedang gurah. awalnya aku merasa aneh, bagaimana tidak aneh campuran dari madu, jeruk nipis dan kayu siwak di suntikkan masuk kedalam hidung, katanya sih untuk mengeluarkan lendir dalam otak, akhirnya cara pengobatan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun ini membuatku mati penasaran dan akhirnya aku mencobanya.

ketika cairan itu masuk kedalam hidungku mulailah aku menyesal tapi sudah terlanjur, rasanya luar biasa sakit dan sungguh tidak nyaman sekali.T0wqzFqJIUKHBezH9Dx_6XEcdJcWEJrh.jpg

196 Views
Write your answer View all answers to this question