selasar-loader

Kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada Bangsa dan Negara ini? (sekarang dan yang akan datang)

LINE it!
Answered Jan 28, 2018

SELEKSI BEASISWA AKTIVIS NUSANTARA (BAKTI NUSA)

s8Z9vEMU5ujJBuyy5jK_WsoLgm8tpyLT.jpg

Ketentuan:

- Hanya untuk pendaftar Seleksi BAKTI NUSA 2018

- Jawab dengan minimal 500 kata

- disertai gambar (di atas text jawaban) yang dapat menggambarkan gagasan/ide/pemikiran yang kamu miliki. Maksimal lebar gambar 1000px dan tidak boleh pecah.

- Setelah men-submit jawaban, klik button "edit bio topic". Isi dengan NAMA LENGKAP_FAKULTAS_UNIVERSITAS_CALON PENDAFTAR SELEKSI BAKTI NUSA

- Lengkapi profil akun selasar-mu dengan menambahkan foto profil dan biodata singkat


nR8dvNKaoD1BczEH95ZDRm01sHJpFKMQ.jpg

 

Menjadi seorang mahasiswa tentunya memegang kuat tugas dan peran dalam membangun dan memajukan bangsa dan negara. Begitupun yang saya rasakan saat ini. Saya sebagai seorang mahasiswa memiliki kewajiban untuk berusaha semaksimal mungkin ikut andil dalam proses memajukan bangsa. Sebagai mahasiswa, saya mengharuskan pundak saya memikul kewajiban untuk terus berusaha memajukan bangsa, kesejahteraan rakyat serta membawa nama baik negara di kancah internasional dengan bidang saya sendiri. Saya adalah sosok mahasiswa yang berada di jurusan matematika. Kontribusi saya disini adalah menggali ilmu seefektif mungkin serta mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat, bangsa maupun negara. Banyak orang berpikir bahwa matematika hanya seputar hitung – menghitung, tiada yang lebih penting dari itu. Tujuan saya disini adalah mematahkan pemikiran demikian, karena sejauh ilmu yang saya dapatkan, matematika tidak hanya sekedar ilmu hitung menghitung akan tetapi ilmu untuk memprediksi, mengalokasi serta mengoptimalkan berbagai hal yang tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan bangsa.

Melalui matematika, saya ingin sberkontribusi banyak hal kepada bangsa dan negara Indonesia khususnya ingin membantu dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh negara. Saya dapat membantu memecahkan masalah dengan solusi bentuk model perancangan beberapa tahun ke depan, sehingga akan dengan mudah pemerintah maupun masyarakat mengendalikan permasalahan melalui solusi yang saya tawaran. Dengan matematika, saya juga akan berkontribusi dalam memprediksi kejadian suatu hal yang pasti (sudah terdapat riwayat data sebelumnya) melalui berbagai model sehingga memudahkan  masyarakat untuk merancang pembangunan jangka panjang dengan efektif. Selain beberapa hal tersebut, melalui matematika saya dapat menyumbangkan kepada negara riset – riset yang terkait untuk dipublikasikan baik di wilayah nasional maupun internasional karena publikasi pada saat ini menjadi hal terpenting dan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu negara terutama dalam bidan penalaran dan akademik.

Akan tetapi, ketika saya sudah berada di dunia yang sebenarnya dimana saya sudah lulus dalam mengarungi ilmu, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi seorang pemimpin dimanapun saya berada dan kapanpun saya ditempatkan. Melalui ilmu, saya akan mengajak partner – partner saya untuk mengaplikasikan ilmu yang spernah didapat dan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan maupun pekerjaan seefektif mungkin. Di samping itu, saya akan coba terus mengingatkan kepada partner – partner saya bahwa dalam mengaplikasikan ilmu ke dalam permasalahan tentunya disertai kejujuran dan kedisiplinan, karena sesuatu hal yang terlihat sepele kemungkinan besar akan menjadi masalah yang besar. Disisi lain, diwajibkan untuk selalu mengingat kepada Allah pada waktunya karena dengan melakukan kejujuran dipekerjaannya, secara tidak langsung akan mendekatkan seseorang dengan kebaikan sehingga sesuatu akan berjalan dengan lancar sesuai dengan ridlo-Nya.

100 Views
Write your answer View all answers to this question