selasar-loader

Apa perbedaan antara edge computing dan cloud computing?

LINE it!
Answered Jan 25, 2018

Abid Famasya
Software engineer, lifelong learner

Ada perbedaan mendasar antara edge computing dan cloud computing. Cloud computing adalah sebuah prinsip dimana komputasi akan dilakukan di hardware yang tidak dimiliki user tersebut. Dalam kata lain, data akan tersimpan di suatu data center yang bisa jadi terletak jauh dari produsen data tersebut.

Sedangkan edge computing, yang terkait erat dengan internet of things, melakukan pengiriman data sedekat mungkin dari produsen data tersebut menuju micro data center.

Prinsip dasar perangkat IoT adalah perangkat yang selalu terhubung internet. Perangkat ini akan mengirimkan data terus menerus ke sebuah server pusat, lalu dari server itulah kita bisa mengamati dan melakukan analisa terhadap data yang dikirimkan secara realtime.

Lalu bagaimana jika koneksi perangkat tersebut tersendat? Tentu saja analisa data akan terhambat, karena data tidak bisa terkirim realtime. Bayangkan jika perangkat tersebut adalah puluhan sensor penggalian minyak offshore di blok Mahakam yang harus dianalisa secara terus menerus. Delay maupun hilangnya data dalam 1 menit saja bisa berakibat fatal.

Disinilah edge computing berasal. 

Dengan edge computing, beberapa masalah dalam IoT seperti data latency dan data loss dapat lebih teratasi. Dalam kasus sensor penggalian minyak di blok Mahakam tadi, alih-alih mengirim data dari sensor menuju data center di Singapura, sensor IoT dari tengah laut dapat dikirimkan menuju micro data center tepi pantai misalnya. Dengan ini, latency dari pengiriman data lebih cepat dan juga infrastruktur yang dibangun untuk mengkoneksikan perangkat IoT dan data center lebih reliable (misal menggunakan Wide Area Network / WAN).

Diharapkan dengan cara ini, data loss dapat lebih dihindari, dan juga data latency jadi lebih cepat.

Jika bisa diringkas, edge computing hampir sama dengan cloud computing, namun dalam skala mikro.

561 Views
Write your answer View all answers to this question