selasar-loader

Apa perbedaan antara bitcoin, bitcoin cash, dan bitcoin gold?

LINE it!
Answered Jan 25, 2018

Abid Famasya
Software engineer, lifelong learner

XIBwMHOtrcc0TNK5S00_fn_8Q1YWWajS.jpg

Jawaban ini mungkin akan menyinggung hal-hal teknis.

Bitcoin dibuat berdasarkan prinsip desentralisasi yang menghilangkan pihak ketiga. Dalam bidang ilmu komputer, mekanisme ini disebut peer-to-peer transaction. Bayangkan jika kita bisa mengirim uang antarpengguna di seluruh dunia tanpa melalui bank. Tapi, prosesnya tetap aman.

Untuk menjaga keamanan ini, setiap transaksi yang terjadi dalam bitcoin akan dicatat dalam jurnal pembukuan yang tersebar di seluruh dunia. Para pencatat pembukuan ini disebut miners yang akan diberi upah sejumlah kecil bitcoin untuk setiap transaksi yang dicatat.

Miners akan berlomba melakukan validasi transaksi yang disebut Proof of Work (PoW) sebagai tanda "keseriusan" mereka tergabung sebagai miner. Proof of Work ini adalah sebuah langkah pemecahan "puzzle kriptografi" menggunakan hardware komputer secara intensif.

F2EBLym2GgZcYi8E_tM8pF7cqzypOyid.jpg

Dengan melakukan PoW, seseorang yang mendeklarasikan diri sebagai miner dipastikan tidak hanya bergabung untuk membuat validitas transaksi palsu.

Disinilah kuncinya. Bitcoin dan Bitcoin Cash menggunakan algoritma kriptografi SHA256 dalam "puzzle" mereka. Sedangkan, Bitcoin Gold menggunakan algoritma Equihash. Hal ini akan berdampak pada kecepatan pemecahan puzzle dan keamanannya.

Selain itu, Bitcoin dan Bitcoin Cash menggunakan ASIC sebagai hardware mining mereka. Sedangkan bitcoin Gold menggunakan komputasi GPU. Dampaknya tentu pada hardware requirement agar komputasi berdampak optimal.

Intinya, dari sudut pandang luar, tidak ada perbedaan signifikan. Namun, jika dilihat dari sisi para miners, hal ini akan berdampak besar.

 

Ilustrasi via pixabay

364 Views
Write your answer View all answers to this question