selasar-loader

Lebih penting mana, IPK atau organisasi?

LINE it!
Answered Jan 23, 2018

Inilah dilema terbesar mahasiswa. Menurut Anda, lebih penting mana, mengejar IPK atau terus berorganisasi? Atau ada alternatif lain?


Eka Primadestia K
Administrasi Negara UI - Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Ini adalah pertanyaan yang selalu muncul di benak mahasiswa, terutama para mahasiswa baru yang sedang menentukan kesibukan yang dia geluti. Apakah akan fokus ke akademis atau juga akan sibuk di organisasi kampus dan sebagainya. Sayangnya banyak yang sering memisahkan keduanya dan menjadikan dua pilihan yang berbeda, sementara menurut saya dua hal ini bukanlah dua hal yang harus dipilih tetapi dua hal yang harus disinergiskan.

IPK dan organisasi adalah dua hal yang penting saat menjadi mahasiswa. Mengapa ? karena menurut saya hard skill dan soft skill tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Seseorang dengan IPK bagus tetapi tidak memiliki pengalaman dan kemampua di luar akademis akan jatuh saat harus memanejemen banyak hal dalam suatu waktu yang mungkin secara teori didapatkan di kelas tetapi tetap saja implementasinya masih nol.

Sama halnya dengan seseorang yang sibuk berorganisasi di kampus dan dikenal sebagai orang yang sangat luar biasa, tetapi mau tidak mau, percaya tidak percaya nilai IPK dia akan tetap dipertanyakan oleh publik termasuk saat dia melamar pekerjaan saat pasca kampus. Dan akan menjadi timpang apabila orang yang sungguh luar biasa sibuk tetapi dia jatuh di akademis maka kariernya pun akan terhambat pula akhirnya.

Oleh karena itu, menurut saya kedua hal penting tersebut memang harus disinergiskan dan dipertahankan kualitas keduanya. Seorang mahasiswa yang bisa memanejemen dirinya dengan baik maka itu suatu pertanda bahwa seorang mahasiswa tersebut akan menjadi seseorag yang produktif, dimana pandai mengelola prioritas untuk mempertahankan kualitas IPK nya serta meningkatkan soft skillnya dengan berorganisasi di kampus maupun luar kampus.



#Jawabanku Januari 2018
#Rumah Kepemimpinan
#RK Regional Jakarta

356 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored