selasar-loader

Apa yang salah dari sistem peradilan di Indonesia?

LINE it!
Answered Jan 14, 2018

Apa tantangannya? Bagaimana solusinya?


sandiyudha .
Mantan Ketua Umum HMI Hukum UGM

qZ4khdDGczAv-v0RTHr3ztLm60-6gwes.jpg

Jawaban singkat sebagai awalan yang dapat diberikan adalah, "tidak ada yang salah dengan sistem peradilan di Indonesia".

Sistem adalah entitas mati yang digerakkan dan dijalankan oleh manusia yang hidup. Oleh karena itu, anggapan bahwa "ada yang bermasalah dengan sistem peradilan di Indonesia" sejatinya adalah anggapan bahwa ada yang bermasalah dengan manusia-manusia yang menjalankan sistem peradilan di Indonesia.

Mafia peradilan mengambil peran dalam berbagai bentuk, mulai dari mengatur Majelis Hakim yang menjalankan persidangan sampai kongkalikong antara hakim, jaksa, dan advokat untuk mengatur perkara. Kesemuanya merupakan wujud dari keserakahan dan penghambaan manusia kepada uang.

Satjipto Rahardjo dalam bukunya, "Membedah Hukum Progresif", mengutip salah satu adagium hukum yang relevan dengan konteks mafia peradilan ini, "Berikan aku jaksa dan hakim terbaik, maka dengan hukum terburuk pun akan kutegakkan keadilan." Kurang lebih, adagium ini layak dipraktikkan di Indonesia untuk mengembalikan citra peradilan yang kian hari kian suram.

Penegak Hukum yang berintegritas harus sering dimunculkan untuk menjadi alternatif para pencari keadilan di Indonesia dalam memandang citra peradilan secara optimis. Nama-nama seperti Artidjo Alkotsar mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun, orang-orang seperti Artidjo dan penegak hukum berintegritas yang lain harus mampu untuk menyaingi, bahkan menyingkirkan, para penegak hukum yang menjadi borok bagi sistem peradilan di Indonesia.

Oleh karenanya, regenerasi penegak hukum berintegritas harus lebih masif. Pun kampus harus siap untuk menjadi kawah candradimuka bagi mahasiswa khususnya mahasiswa fakultas hukum agar memiliki integritas yang cukup dan sanggup bersaing di panggung sistem peradilan Indonesia.

 

Ilustrasi via pixabay

319 Views
Write your answer View all answers to this question