selasar-loader

Bagaimana cara mengenalkan anak pada gawai (gadget)?

LINE it!
Answered Jan 10, 2018

Komunitas Anak Pintar
Akun resmi Anak Pintar, tempat berkumpulnya anak-anak indonesia

Berteman dengan gadget masih menjadi perdebatan yang menarik di kalangan profesional dan juga orangtua. Teman sepermainan saja sangat mungkin memiliki aturan yang berbeda dari orangtuanya terkait dengan penggunaan Gadget. Hal itu mungkin disebabkan oleh plus dan minus yang ada dari penggunaan gadget tersebut.

Mengingat plus dan minus yang ada, berdasarkan pengalaman praktek, pengalaman pribadi, dan literature terkait, Kami menemukan beberapa cara pertemanan yang adaptif dengan gadget.

1. berikan sesuai usia dan perkembangannya. Pastikan beberapa hal ini terpenuhi sebelum kita mulai memberikan gadget atau meningkatkan penggunaan gadget anak kita.

2. Berikan gadget sesuai dengan usianya.

3. berikan batasan waktu yang jelas. pembatasan waktu dapat dilakukan dengan cara benar-benar membatasi waktu yang ada atau dengan cara2 lain yang dengan tidak disengaja akan mempersingkat waktu anak berinteraksi dengan gadget.

4. Pengawasan secara intensif. Anak nonton youtube disamping ibu mengerjakan tugas di laptop? hmm.. dipastikan secara berkala cek apa yang anak lihat.. karena youtube blm sepenuhnya child friendly walaupun kita sudah memasang securitynya sesuai keinginan kita.

5. Pastikan anak memiliki kegiatan yang seimbang. Selain berinteraksi dengan gadget pastikan anak berinteraksi langsung dengan teman-temannya.. bermain diluar ruangan.. melakukan olahraga atau berlatih sendratari atau kegiatan seni lainnya.

*Junior Explorer adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan team klikpsikolog untuk memberikan alternative kegiatan bagi anak2 dengan tujuan mencapai keseimbangan perkembangan diaspek fisik motorik, kognisi, emosi, dan terutama sosial.

6. Contoh. Ya anak2 akan mencontoh perilaku kita orangtuanya. percuma menetapkan time limit penggunaan gadget kalau kita sendiri tidak men-time limit diri kita. percuma menerapkan aturan , no gadget during dinner time.. kalau kita masih ada whatsapp meeting di jam makan malam.. anak-anak itu peniru ulung.. diawal-awal, oirangtualah yang mereka tiru.

7. Tingkatkan Digital Quotient anak. Ini dapat dilakukan sejak kecil dengan secara konsisten menerapkan cara 1-6.

199 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored