selasar-loader

Apa rahasia umur panjang ala penduduk Jepang?

LINE it!
Answered Jan 04, 2018

Fachruqi Waris
Universitas Hasanuddin l Rumah Kepemimpinan Ang.8 Regional 7 Makassar

5brpzLlGltELrab7I0esv9lahf60969R.png

sumber gambar : Google Search

Selain karena masing-masing insan telah memiliki ketetapan hidup dan mati oleh Sang Pencipta. kita sebagai manusia juga dituntut untuk berusaha merawat dan menjaga diri agar tetap hidup sehingga bisa tetap berbuat baik terhadap sesama manusia dan mengabdi kepada Sang Pencipta.

WHO (World Healt Organization) mengurutkan 5 negara dengan angka harapan hidup tertinggi dengan Jepang diurutan pertama. angka harapan hidup mencapai 83,7  tahun, laki-laki jepang memiliki harapan hidup 80,2 tahun, sementara perempuan jepang memiliki harapan hidup 87,2 tahun.

lalu apa rahasia umur panjang ala penduduk jepang?
sebagai orang perikanan saya setuju bahwa ikan menjadi salah satu makanan yang membuat orang-orang jepang bisa tetap sehat lebih lama. pola makan ikan yang lebih banyak dibandingkan dengan daging merah yang sebagaimana kita ketahui lemak jahat banyak ditemukan pada daging merah (sapi, kambing dsb). selain karena pola makan ikan, juga karena pola makan secara umum.

masyarakat jepang senang memakan sayur-sayuran, hampir disetiap makanan jepang mulai dari makanan tradisional hingga moderen pasti ditemukan sayur-sayuran. porsi yang dimakan pun cukup sedikit, hal ini dapat terlihat dari budaya makan menggunakan piring kecil dengan sumpit namun kebutuhan kalori tetap terpenuhi.

selain pola makan, gaya hidup seperti bersepeda juga menjadi alasan kuat mengapa orang-orang jepang berumur panjang. orang-orang jepang sangat suka jalan kaki dan bersepeda, hal ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang masih asri sehingga mereka merasa nyaman berada diluar dibanding berada didalam kendaraan.

secara tidak langsung, budaya-budaya yang ada di Jepang membuat masyarakatnya lebih bahagia dan sehat. itulah mengapa di tulisan yang saya posting sebelumnya (belum tau kapan di publish, tunggu aja ya, semoga secepatnya) saya mengatakan ada islam di negara sakura, karena apa yang mereka lakukan adalah sebagian kecil dari kebaikan-kebaikan yang disampaikan oleh Islam.

Ariagato !

158 Views
Write your answer View all answers to this question