selasar-loader

Apa keistimewaan traveling di Arab Saudi dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia?

LINE it!
Answered Jan 04, 2018

Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

mJoNEaiaogg9L1D91kIjwA5xyYlmLePV.jpg

Traveling ke Luar Negeri tentu menjadi impian sebagian besar orang. Mengapa tidak, perjalanan ke Luar Negeri selalu memberikan begitu banyak pengalaman serta pembelajaran. Bukan hanya pengalaman menapakkan kaki di belahan bumi lainnya, tetapi juga belajar bahasa yang berbeda, budaya berbeda, karakter orang-orang yang berbeda, hingga bertumpuk sejarah yang tak mungkin habis untuk dipelajari dalam dalam satu kali perjalanan. Terlebih berbagai insight yang didapatkan sebelum, saat, dan setelah perjalanan dilakukan yang tak jarang terkadang mempengaruhi mindset kita. Belajar dari perbedaan memang memiliki kesan akan keindahan tersendiri.

Terlebih apabila traveling ke sebuah negara yang menyuguhkan banyak hal yang tidak didapatkan di negara-negara lain di dunia, Arab Saudi misalnya. Bukan hanya pengalaman traveling yang akan kita dapatkan, tetapi ada satu hal yang paling istimewa, yakni kenikmatan 'beribadah'. Ya, ibadah di tanah jazirah arab memang memiliki kesan tersendiri. Hal tersebut saya rasakan sendiri saat traveling ke Arab Saudi.

Adalah sebuah nikmat luar biasa yang Allah SWT berikan ketika kesempatan mengunjungi negara Arab datang. Entah memang berlaku pada semua orang atau tidak, tapi menurut pengalaman saya sendiri saat berada di negara Arab saya merasakan ibadah yang terasa 'berbeda' dibandingkan dengan di Indonesia. Setiap ibadah yang dilakukan seakan mengingatkan akan sejarah-sejarah islam. Bukan hanya tentang ibadah, setiap daerah yang dikunjungi juga memiliki 'sihir'nya masing-masing, tak jarang membuat diri haru karena mengunjungi tempat-tempat dimana Islam dimulai, tempat yang menyaksikan segala kelembutan dan perjuangan tak mudah Rasulullah SAW dan para sahabat, tempat para Nabi dan Rasul terdahulu, dan banyak lagi kebesaran-kebesaran Nya yang dapat disaksikan langsung fisiknya di jazirah Arab.

Itu mungkin hanya sedikit dari berlimpah nikmat yang menjadikan Arab Saudi menjadi istimewa dibandingkan dengan negara-negara lain. Bagi saya sendiri, Arab Saudi menjadi tempat yang paling istimewa posisinya. Negara yang darinya kita belajar langsung sejarah Islam dan beribadah dimana di tanahnya dulu juga ditapaki oleh Rasulullah SAW. Ya, Arab Saudi memang yang paling istimewa untuk dikunjungi :)

 

sumber gambar : dokumentasi pribadi

274 Views
Write your answer View all answers to this question