selasar-loader

Apa kisah dan sejarah yang Anda ketahui tentang Mekah?

LINE it!
Answered Jan 03, 2018

Azzam Muhamad Hafidz
Tukang Belajar di mana aja | Rumah Kepemimpinan A8

Kisah tentang perjalanan sebuah generasi terbaik yang langsung menjadi wali Allah di muka Bumi. 

Kisah yang saya maksud adalah kisah Nabi Ibrahim Alayhissalam, anaknya, Nabi Ismail Alayhissalam, serta cucunya, yaitu Nabi Muhammad Sholallahu Alayhiwassalam, 

Semua kisah sejarah ketiga orang pilihan itu sampai "zaman now" masih meninggalkan banyak hikmah dan sejarah yang dapat terus menerus menjadi inspirasi pencapaian sebuah peradaban besar. 

Kisah Sejarah Nabi Ibrahim as. dan Nabi Ismail as. diabadikan dalam ritual peribadatan umat Islam yang sangat besar dan harinya begitu diagungkan, yaitu Idul Qurban. Sebelum hari itu datang, bunda Hajar berjuang mencari air bagi sang Nabi Ismail yang berlari antarbukit shafa dan marwah yang kemudian diabadikan dalam ritual rukun ibadah haji. Selain itu, juga terdapat mata air suci zam-zam yang menjadi rahmat bagi  muslim yang datang berhaji maupun umrah ke Baitullah di Mekah.

Kisah sejarah dan hikmah Mekah selanjutnya adalah mengenai perjalanan seorang manusia agung yang dari usia kanak-kanak hingga dewasanya ia diberikan pendidikan khusus langsung oleh Allah swt, dimana memang secara sengaja manusia agung itu, Nabi Muhammad SAW disiapkan untuk menjadi figur terbaik bagi manusia dan menjadi pembawa pentunjuk agar manusia-manusia di dunia ini dapat selamat menjalani ujian dunia maupun perjalanan akhiratnya. Ia menjadi sosok yang paling sempurna untuk mewakili semua kelas, kalangan, karakteristik, pembawaan, sikap serta hal-hal lainnya sebagai contoh atau teladan bagi manusia. Kaya, miskin, tua, muda, sabar, syukur, hormat, sayang, santun, iba, kasih, peduli, dsb.

271 Views
Write your answer View all answers to this question