selasar-loader

Bagaimana rekomendasi gizi untuk atlet yang sedang hamil?

LINE it!
Answered Jan 02, 2018

Asti Shafira
Mahasiswa Berprestasi RIK UI - Gizi Kesmas | Rumah Kepemimpinan #8 Jakarta

6xEo5cMLIq7tLjtubjhot6k4ZjAAZvAl.jpg

Ketika sedang hamil, biasanya seorang atlet tetap memilih untuk melanjutkan latihan atau tetap aktif, namun menurunkan tingkat dan intensitas latihannya serta tidak mengikuti kompetisi.

Kebutuhan gizi secara keseluruhan meningkat untuk atlet hamil. Secara spesifik, atlet dengan kondisi hamil harus mengonsumsi kalori, protein, vitamin B (folat), vitamin C, vitamin, A, magnesium, zat besi dengan jumlah yang adekuat.

Kebutuhan kalori untuk atlet hamil dihitung seperti mereka yang tidak hamil (atlet biasa), namun ada tambahan lagi sebesar 300 kalori. Jumlah kalori yang inadekuat memiliki dampak tersendiri.

Pada trimester pertama, asupan energi rendah meningkatkan risiko lahir prematur, kematian janin, malfungsi dari sistem saraf pusat janin. Pada trimester 2 dan 3, asupan energi kurang berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin yang buruk.

Sumber:
Fink, H.H., Mikesky, A.E. 2015. Practical Application in Sports Nutrition. Burlington: Jones and Barlett Learning

Ilustrasi via Pixabay

297 Views
Riyana Rochmawati

Assalamu'alaykum Asti :) Wah seneng deh akhirnya punya temen sesama anak gizi di RK. Aku Riyana dari Gizi UGM (regional 3 Jogja). Semoga kita bisa saling sharing dan kolaborasi kedepannya. Semangat!¬†  Jan 4, 2018

Asti Shafira

Salam kenal! hehee aku juga baru masuk sebagai PAW november iniii. Yash!¬†semoga bisa sharing dan kolaborasi soon! :)  Jan 30, 2018

Asti Shafira

Wa'alaikumsalam Riyana :)  Jan 30, 2018

Write your answer View all answers to this question
Sponsored