selasar-loader

Di mana 5 lokasi terbaik nikmati eksotisme Danau Toba?

LINE it!
Answered Jan 02, 2018

Tahukah kamu?

Dengan panjang 100km dan lebar 30km,  Danau Toba menjadi danau yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

Jadi, luas danau ini mencakup 7 kabupaten yaitu, Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara dan Toba Samosir.

Temukan 5 lokasi terbaik nikmati eksotisme Danau Toba selengkapnya di sini ya 

Bagi kamu pengguna XL, untuk kabupaten Samosir dan Toba Samosir keduanya sudah termasuk dalam #jaringanXtra XL yang diklaim lebih kuat dan lebih luas jadi tetap bisa deh berbagi keseruan lewat media sosial.

 

 


Fiqhi Fauzi
Mahasiswa FMIPA USU 2014 | Rumah Kepemimpinan 8 | Sekjen Inkubator Sains USU

Danau Toba adalah sebuah danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi, yaitu Gunung Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Letusan Gunung Toba diperkirakan terjadi sekitar 73.000 sampai 75.000 tahun yang lalu.

Danau ini mempunyai ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer sehingga danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, karena hal inilah danau ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Selain hal tersebut danau ini terkenal akan keindahan yang dimilikinya sehingga sampai saat ini banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba maupun ke Pulau Samosir.

Saking luasnya, Danau Toba bisa dilihat dari berbagai lokasi dan menawarkan berbagai sudut keindahan, yang mencakup kawasan kabupaten Karo, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan dan Dairi. Jadi merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi penikmat wisata bentang alam.

Nah, lima lokasi terbaik untuk menikmati eksotisme Danau Toba yaitu :

1. Parapat, Simalungun

Parapat adalah sebuah kelurahan di kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Kota Parapat merupakan salah satu akses menuju ke Danau Toba ataupun ke Pulau Samosir berjarak sekitar 48 km dari Kota Pematangsiantar. Parapat terkenal dengan keindahan Danau Tobanya. Kota ini menjadi objek wisata terkenal di Sumatera Utara. Kita dapat menikmati eksotisme Danau Toba dari kota ini.

2. Paropo, Tepian Danau Toba

Paropo merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, provinsi Sumatera Utara. Letaknya yang strategis di tepian Danau Toba menjadi magnet tersendiri untuk menghabiskan waktu bersantai menikmati keindahan alam.

3. Taman Simalem

Ini termasuk dalam kawasan kabupaten Karo. Tepatnya di desa Merek. Tempat ini dikelola swasta dan amat sangat eksklusif. Untuk masuk saja kudu merogoh kocek yang sangat dalam Rp 50.000 untuk pengunjung biasa. Rp 85.000 pengendara motor dan Rp 250.000 untuk roda 4.

4. Bukit Simarjarunjung

Bukit ini terletak di kota Tigaras, Kabupaten Simalungun. Tempat ini menawarkan sudut berbeda dari Danau Toba. Tempat ini banyak memiliki spot foto yang sengaja dibuat untuk memikat wisatawan. 

5. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit merupakan deretan bukit yang ada di Pulau Samosir. Di tempat ini bisa melihat panorama alam serta air terjun yang cukup indah. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan bus yang disediakan olah pengelola tempat wisata. Tetapi untuk mencapai puncak bukit, harus berjalan kaki sekitar 500 meter.

256 Views
Write your answer View all answers to this question