selasar-loader

Apa pentingnya vaksinasi sebelum melaksanakan ibadah umroh/haji?

LINE it!
Answered Jan 01, 2018

Andini Ika
Mahasiswa Farmasi UI l Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional 1 Jakarta

umrO0Br8QXzVLq5isH6w6K1Yoj73alAs.jpg

Berdasarkan keterangan dari Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, dr Muchtaruddin Mansyur, MS, SpKO, mengatakan vaksinasi, khususnya adalah vaksin meningitis sudah menjadi syarat wajib bagi calon jemaah haji sejak tahun 2002. Hal ini dikarenakan meningitis adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya, namun bisa dicegah dengan vaksinasi. Masih menurut dr. Muchtar, meningitis juga merupakan penyakit berbahaya yang jika tidak ditangani bisa menyebabkan kematian dan kemungkinan sembuh total sangat kecil. Jika sembuh pun biasanya dapat menyebabkan lumpuh, bisu, tuli atau gangguan lain karena radang selaput otak yang menyebabkan kerusakan saraf.

Kemudian apabila dilihat dari urgensi dari segi kondisi tempat, Arab Saudi merupakan tempat berkumpulnya umat Muslim dari seluruh dunia yang ingin melaksanakan haji. Berkumpulnya manusia dalam jumlah sangat besar tersebut meningkatkan risiko penularan penyakit, termasuk meningitis. Karena meningitis yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari bakteri, virus, jamur hingga parasit ini penularannya sangat mudah, yiatu melalui kontak dekat seperti batuk atau bersin.

Vaksinasi yang diberikan bagi calon jemaah haji adalah vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW135. Vaksin ini memiliki kemampuan untuk menangkal bakteri meningokus kelompok A, W, C dan Y yang umum dijumpai di Arab Saudi

Selain itu, dalam upaya meminimalkan ancaman masalah kesehatan dan menjaga kelancaran ibadah haji, pemerintah Arab Saudi dan Indonesia sudah melakukan perjanjian kerjasama bahwa seluruh calon jemaah haji yang ingin masuk ke Arab Saudi harus sudah mendapat vaksin meningitis. Hal ini menunjukkan bahwa berbagai pihak pun sudah menyadari pentingnya vaksinasi bagi jamaah haji/umroh dikarenakan apabila kita melihatnya dari segi kemaslahatannya, tentu lebih banyak. Serta vaksinasi juga dapat dikatakan sebagai salah satu ikhtiar kita untuk dapat menjaga kondisi kesehatan kita selama melakukan ibadah haji/umroh agar dapat menjalaninya dengan optimal.


 

206 Views
Write your answer View all answers to this question