selasar-loader

Apa tips yang paling efektif untuk melancarkan buang air besar?

LINE it!
Answered Jan 01, 2018

Muhamad Riski
Mahasiswa FKM UI l Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Konstipasi atau sembelit adalah kondisi sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa tuntas ataupun tidak bisa sama sekali. Secara umum , seseorang dianggap mengalami konstipasi jika frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan saat mengalami konstipasi yaitu
1. Minumlah secangkir teh atauair lemon hangat. cairan hangat adalah cara ampuh untuk merangsang saluraan pencernaan
2.Makanlah buah atau minum sari buah. sebuah studi merekomendasikan saat mengalami konstipasi, makanlah buah prem, diketahui buah ini dapat merangsang buang air besar .
3. Olahraga ringan seperti berjalan-jalan keliling rumah untuk merangsang saluran cerna , walaupun konstipasi membuat tidak nyaman, namun jangan hanya duduk atau berbaring, keluar dan bergeraklah sehingga dapat membantu mengatasi konstipasi
4. Coba Gunakan larutan soda kue , dapatdilakukan dengan mencampurkan satu sendok teh soda kue ke dalam 1/4 cangkir air untuk diminum. namun, bagi anda yang sedang menjalani diet rendah natrium, tidak dianjurkan untuk melakukan tips ini, dikarenaka soda kue mengandung natrium yang cukup tinggi. 
5. Tingkatkan asupan serat , seperti mengonsumsi sereal kaya serat, roti gandum, kacangkacangan dan buah segar.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan jika sedang mengalami konstipasi , namun perlu dipahami bahwa perawatan yang paling bermanfaat bagi konstipasi mungkin berbeda-beda sesuai dengan jangka waktu dan frekuensi Anda mengalaminya, juga beberapa faktor lain seperti waktu, stres, dan gangguan saat buang air besar.

 

165 Views
Write your answer View all answers to this question