selasar-loader

Bagaimana cara mengatasi anak yang manja?

LINE it!
Answered Dec 31, 2017

Anak saya berusia 3 tahun dan sering menangis merengek-rengek.


Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

Sebagain besar dari kita seringkali memandang sikap manja dan merengek pada anak sebagai ‘kesalahan’ orangtua dalam pola asuhnya, seperti membiasakan menuruti keinginan anak, meskipun hal tersebut memang berkontribusi. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab lain anak menunjukkan sikap tersebut. Menurut data hasil penelitian bahwa sikap manja pada anak disebabkan oleh kurangnya pengetahuan orangtua mengenai tahapan perkembangan anak; cara berkomunikasi dengan anak; dan kurang bervariasinya wadah kegiatan yang disediakan untuk anak.

Oleh karena itu, untuk mengatasi anak yang manja dan suka merengek, maka pendekatan yang dilakukan adalah dengan mengatasi penyebab di atas. Berikut adalah beberapa rincian yang dapat dilakukan, di antaranya :

a.     Memahami tahap perkembangan anak

Tugas perkembangan yang dimiliki anak akan mempengaruhi karakternya ketika tumbuh dewasa nanti sehingga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Anak usia 3 – 5 tahun berada pada fase inisiatif vs merasa bersalah. Rasa ingin tahu yang tinggi pada anak membawa mereka mengeksplore lingkungan di sekeliling mereka. Anak akan memiliki banyak inisiatif atas rasa keingintahuan tersebut. Sehingga yang perlu dilakukan orangtua ada membantu anak mengendalikan realisasi inisiatif tersebut dengan memilih yang bermanfaat untuk anak. Sikap manja akan sangat tampak sebagai salah satu inisiatif anak memancing perhatian orangtua. Oleh karena itu, pilihan bijak orangtua salah satunya adalah memberikan perhatian tanpa harus mengikuti semua keinginan anak.

b.     Masuk ke dunia mereka

Cara terbaik memahami sesuatu adalah dengan masuk ke dalamnya, termasuk anak. Orangtua dapat memposisikan diri menjadi sahabat bagi anak seperti dengan berbicara dgan bahasa yang mudah dimengerti anak, meluangkan waktu bermain dengan mereka, merespon segala cumbuan mereka dan lain-lain. Sikap manja yang ditangkap orangtua boleh jadi sebetulnya bukan sebuah kemanjaan, tetapi cara anak menyampaikan yang belum kita pahami.

c.     Menjadi teladan

Penelitian menunjukkan bahwa moral anak terbentuk secara otomatis melalui pengalaman-pengalaman yang didapatkan dari sikap orangtua dalam kehariannya. Menjadi contoh dari berbagai sikap dalam sehari-hari yang baik untuk diikuti anak. Maka di sini lah letak pembiasaan anak untuk memenuhi sesuai kebutuhannya.

d.     Memberikan pengertian

Untuk poin ini, salah satu cara yang terbukti berdasarkan penelitian adalah membawa anak ‘bermain’ ke tempat-tempat yang lebih kurang beruntung darinya, seperti panti asuhan. Hal tersebut selain melatih rasa bersyukur anak, juga menumbuhkan rasa saling menghargai dan peduli terhadap sesama.

e.     Memberikan Challenge/tantangan

Orangtua dapat melat anak untuk mendapatkan sesuatu sesuai dengan usaha yang dilakukan. Misalnya untuk dapat membeli boneka, si anak harus rajin menabung minimal seribu rupiah per hari dalam durasi yang disepakati. Selain melatih anak untuk berusaha, dapat juga menanamkan nilai rasa tanggungjawab sebagai konsekuensi mereka ‘penting’ (menurut versi anak) karena dilibatkan dalam kesepakatan yang dibuat bersama orangtua.

f.      Mengajarkan anak untuk berbagi

Adalah hal penting untuk memberikan pengalaman indahnya berbagi pada anak. Misalnya dengan melatih anak berbagi makanan saat di sekolah.

Dari setiap ara di atas pada intinya dipayungi oleh berharganya usia emas mereka. Menjadi tugas penting orangtua untuk memanfaatkan usia emas tersebut secara optimal. Manja bukan menjadi pembenaran untuk orangtua putus asa dalam mendidik anak. Cobalah masuk ke dunia mereka, dan pahamilah. Semangat untuk para orangtua dan para calon orangtua. Masa depan kita ada di tangan mereka.

 

Referensi :

Ball, J. W., Bindler, R. C., & Cowen, K. J. (2014). Child health nursing: partnering with children and families (3rd ed.). New Jersey: Pearson Education.

Hockenberry, M. J., & Wilson, D. (2015). Wong’s nursing care of infants and children (10th ed.). St. Louis: Elsevier.

Kyle, Terri., Carman, Susan. (2013). Essentials of Pediatric Nursing (2nd Ed).Philadelphia:Lippincott Williams & Wilkin

130 Views
Write your answer View all answers to this question