selasar-loader

Apa saja yang perlu diperhatikan tentang tumbuh kembang anak usia sekolah?

LINE it!
Answered Dec 30, 2017

sumayah sumayah
Mahasiswa Fakultas Psikologi UI, peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

Bila melihat tahap perkembangan anak menurut teori psikososial ericson, anak usia sekolah berada pada tahap industry vs inferiority. Pada tahap ini anak akan mengalami perasaan industry merasa bangga terhadap keberhasilan dan kemampuannya atau inferiority merasa rendah diri, tidak berkompeten, dan tidak produktif. Pada tahap ini penting bagi anak untuk memiliki perasaan mampu melakukan suatu hal, kompeten, dan percaya dengan ketrampilan yang dimilikinya. 

Begitu banyak tuntutan yang dihadapi anak usia sekolah. Dibandingkan oleh temannya yang sudah bisa membaca dan menulis, dikatakan pemalas atas ketidakmampuannya, dikatakan bodoh atas ketidakmampuannya, hingga dia sendiri akhirnya meyakini bahwa dia adalah anak yang malas dan bodoh. Di sisi lain, tidak ada orang yang bisa membantunya memahami dirinya dan keluar dari perasaan rendah diri dan keluar dari ketidakmampuannya.

Pada usia ini, anak mungkin tidak memahami dirinya, kelebihan dan kekurangannya, untuk itu guru, orangtua dan keluarga sangat berperan penting bagi perkembangan perasaan industry atau inferiority pada anak. Ketika anak dipuji atas pencapaian yang telah dilakukan meskipun hanya pencapaian kecil, ini akan membantu anak mengembangkan perasaan industry. Membimbing anak dan tidak menyalahkannya atas kesulitan yang dihadapi juga berkontribusi bagi pengembangan perasaan industry atau inferiority pada anak.

Tentu disamping perkembangan psiksosial, aspek kesehatan bagi anak juga perlu diperhatikan, seperti makan yang cukup, tidur yang cukup, bermain yang cukup. Karena itu semua adalah faktor yang saling berkaitan satu sama lain.

239 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored