selasar-loader

Apakah Ilmu Ekonomi dapat sejalan dengan Islam?

LINE it!
Answered Dec 24, 2017

Muhammad Andika Widiansyah Putra
Mahasiswa Agribisnis, FEM, IPB | Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 5 Bogor

Islam merupakan agama yang mencakup seluruh aspek dalam kehidupan, termasuk mengenai Ekonomi. Sebetulnya aktivitas ekonomi di dalam Islam tidak jauh berbeda dari apa yang dipelajari di dalam ilmu ekonomi. Bedanya, sepaham saya, ada pada semangat di dalam aktivitas perekonomiannya sendiri.

Islam mengatur dengan prinsip keadilan, keamanan, dan kerelaan dari kedua belah pihak, dan hal ini diejawantahkan di dalam akad yang disepakati bersama.

Sebagai contoh, dalam aktivitas bisnis dengan prinsip mudharabah (satu pihak menjamin modal, satu pihak lagi melaksanakan aktivitas bisnis), kedua pihak juga berbagi baik dalam keuntungan maupun kerugian. Hal ini serupa dengan kegiatan investasi yang dilakukan pada ekonomi konvensional, meskipun demikian, prinsip bagi hasil dan keadilan ini yang seringkali tidak ditemukan.

Selain itu, di ekonomi konvensional yang sering terlihat di negeri ini, khususnya di sektor pertanian, sistem ijon begitu dikenal dengan baik. Pembelian dilakukan sebelum buah matang, dengan harga yang tentu lebih rendah akibat asumsi adanya kerugian atau buah masih belum masak. Di dalam Islam, hal ini tidak dibenarkan, sebab salah satu prinsip yang ditekankan ialah adanya barang fisik yang diperjual belikan dan disampaikan di dalam akad. Meskipun demikian, prinsip jual beli diperbolehkan dalam Islam.

Saya rasa antara ilmu ekonomi dengan Islam bisa benar-benar sejalan dengan baik, namun tentu dengan beberapa catatan yang harus diperhatikan.

Dan terakhir, di dalam aspek akademik dan penelitian, teori-teori ekonomi yang ada di dalam ekonomi konvensional sebetulnya bisa dibawa untuk meneliti fenomena yang ada di dalam dunia ekonomi islam. Seperti soal penggunaan model perhitungan GDP, dan sejenisnya.

Allahu a'lam bish shawab.

Semoga sedikit membuat penasaran.

294 Views
Write your answer View all answers to this question