selasar-loader

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

LINE it!
Answered Dec 23, 2017

Percaya atau tidak, Korea Selatan pernah lebih miskin dari Indonesia di masa lalu.


Andre Basrija
Accounting Student of UNPAD | Awardee Rumah Kepemimpinan Bandung

Menurut saya, indikator utama cepat atau lambatnya suatu negara untuk maju adalah kepribadian serta kualitas hardskill dan softskill yang dimiliki oleh masyarakatnya. 
Mengapa Korea Selatan bisa melangkah lebih cepat dari pada Indonesia padahal keduanya memiliki usia yang hanya berselisih hari? Ini dikarenakan masyarakat Negeri Gingseng ini memiliki kesadaran nasionalisme yang tinggi dan rasa malu yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan hal-hal berikut:

1. Betapa disiplinnya masyarakat Korsel terhadap peraturan
Hal simple nya adalah yang saya lihat dengan mata saya sendiri saat di Korsel, mereka tidak akan menyebrang jalan hingga tanda diperbolehkan menyebrang menyala meskipun jalanan dalam keadaan kosong tanpa kendaraan, dan mereka sudah pasti menyebrang di sekirar zebra cross. Jujur kejadian ini membuat hati tersayat saat mengingat ada masyarakat Indonesia yang masih melanggar peraturan menyebrang jalan. Selain itu, saya tidak pernah melihat satu pun sampah selama saya ada di sana. 

2. Kesadaran untuk memajukan negara
Kekayaan sumber daya alam yang jauh sangat sedikit dibandingkan negara Indonesia membuat masyarakat Korsel sadar bahwa jumlah sumber daya alam yang tersedia harus dimanfaatkan seoptimal dan sebaik mungkin. Berbeda dengan Indonesia yang banyak berita eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam yang dimilikinya. Mungkin hal ini sejalan dengan "semakin banyaknya harta maka akan semakin tamak". Sedikitnya jumlah SDA yang dimiliki Korsel juga membuat mereka sadar bahwa mereka harus mengambil jalan lain untuk meningkatkan perekonomian negara dan mereka tahu potensi yang dapat mereka kembangkan dan mereka mau meningkatkan hardskill dan softskill untuk mencapai targetnya. Sejak 1960 Korsel sudah membulatkan tekad untuk menjadi negara industri yang fokus di 3 hal, yaitu elektronik, otomotif, dan mengekspornya ke berbagai negara. Dan hal ini benar-benar terwujud, kini mereka cukup unggul di bidang elektronik dan otomotif. Siapa yang tidak kenal dan tertarik dengan Samsung?

3. Tidak peduli rasa malu dan percaya diri yang tinggi
Masyarakat Korsel sudah tahu apa potensi yang bisa dikembangkannya, salah satunya di bidang seni. Siapa tak kenal K-Pop? Hal yang identik dengan sekumpulan cewe cantik atau cowok tampan dengan penampilan sangat berbeda dan unik yang lihai memadukan nyanyian dan tariannya. Semua tahu bahwa Korsel lah yang punya ini. Lalu siapa yang belum pernah menonton Drama Korea? Alur cerita, paras pemain, dan kemampuan penuansaannya membuat setiap orang ketagihan dan terbawa suasana memnonton drama korea tersebut. Bahkan drama korea sudah tersebar di berbagai negara dan tidak ada yang menyukainya.
Unggulnya identitas seni khas mereka ini didasari karena tingginya rasa percaya akan kemampuan diri dan rendahnya rasa malu. Coba ingat kembali saat Indonesia mulai meniru K-Pop, hal yang tersirat langsung adalah "alay" dengan pakaian yang sangat berlebihan, padahal itu adalah style. Lalu, lihatlah drama yang disuguhkan di televisi, hampir seluruhnya tentang perselisihan antara si jahat dan si baik. Orang baik yang selalu disiksa dan orang jahat yang selalu melakukan aksi. Bahkan tak sedikit drama yang sbenarnya tak mengandung nilai. 

Ketiga hal tersebutlah menurut saya dimiliki Korsel dan tidak dimiliki Indonesia yang membuat mereka bisa melangkah maju lebih dulu.
Semoga Indonesia bisa berbenah diri dan saling membantu serta bekerja sama dalam membangun negeri. Indonesia BISA! 

209 Views
Write your answer View all answers to this question