selasar-loader

Apakah berbisnis ketika kuliah itu baik untuk dilakukan?

LINE it!
Answered Dec 17, 2017

Apa alasannya?


Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Berbisnis ketika kuliah adalah hal yang menjadi cita-cita saya. Psalanya, seorang mahasiswa haruslah memiliki kemamppuan untuk menopangdirinya sendiri sebelum ia menopang orang lain. Selain itu, kemampuan bisnis yang telah diasah sedari mahasiswa, dapat menhantarkan mahasiswa tersebut pada kemampuan yang belum tentu akan ia dapatkan hanya di kelas. Bisnis yang dijalankan akan menuntutnya untuk kreatif, mencari terobosan dan inovasi baru, juga mennuntut kedewasaan dalam mengambil peran, keputusan, serta strategi terbaik dalam mengemban bisnis sekaligus membagi waktu dengan perkuliahan yang dijalani. 

Bisnis, selain akan melatih kemampuan softskill, juga akan mampu menjadikan mahasiswa tersebut mandiri dari segi keuangannya. Sehingga harapannyaia takkan bergantung lagi pada orang tua dalam membiayai hidupnya. minimal selama ia di kampus. Hal ini juga dapat menjadi bekal kala ia menghadap calon mertua, karena kebanyakan orang mempertimbangkan aspek kemapanan dan kemandirian ini kala akan menerima oinangan dari pria.

Bisnis, tak melulu harus berupa transaksi dalam jumlah besar. Memang, yang diperlukan dalam bisnis di kalangan mahasiswa adalah konsistensi. Karena tak jarang pula, mahasiswa yang telah memiliiki bisnis yang mapan, malah menghentikan kuliahnya dan berfokus pada bisnisnya. Bisnis kala kuliah bisa diawali dari usaha percetakan tugas atau makalah milik kawan sekelas, atau menjual pulsa dan paket internet kartu perdana. Bisa juga dengan menjual keperluan perkuliahan mahasiswa, seperti pena, buku tulis, dan lainnnya. Bagi mereka yang berkuliah di bidang tertentu, mungkin akan mendapat banyak peluang. Seperti menjual seperangkat alat uji praktikum pada kawan-kawan di bidang sains, atau menjual aplikasi dan set tabel kuesioner pada mahasiswa sosial. Selama kita bisa menemukan peluang, kemudian mengembangkannya serta menjaga nafas dan langkah, maka akan menjadi baik bagi kita selaku mahasiswa. jika tidak, yang terjadi malah sebaliknya. bisa jadi bisnis tersebut akan membunuh dan merusak. 

140 Views
Write your answer View all answers to this question