selasar-loader

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

LINE it!
Answered Dec 13, 2017

Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Perang Dunia Kedua, tidak hanya, lebih populer, namun juga melibatkan lebih banyak negara, dengan dampak kerusakan dan trauma yang lebih membekas dari perang dunia yang pertama. beberapa dampak yang bisa dirasakan oleh warga dunia adalah tercatatnya kerugian besar bagi Negara Negara di Eropa, Asia Pasifik, dan tempat tempat lain. Perang Dunia telah mengubah peta kehidupan dunia, seperti politik, ekonomi, dan social. Beberapa hal yang menjadi perubahan pada dunia ini adalah perubahan perubahan pada bidang politik, ekonomi, dan sosial akibat Perang Dunia II. 

Pada perang dunia kedua, perubahan politik nasional-internasional makin berubah dengan jelas. dapat dilihat bahwa kemudian Amerika Serikat dan Uni Soviet muncul sebagai kekuatan raksasa baru dunia. Terutama setelah Amerika Serikat tampil menggetarkan Jepang dengan dua bom atom yang dijatuhkannya. Kemudian, setelah itu Terjadi perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet sehingga muncul Blok Barat dan Blok Timur dengan NATO dan Pakta warsawanya. Walaupun seiring dengan berjalannya waktu, Pakta Warsawa akhirnya dibubarkan. Setelah adanya perebutan pengaruh tersebut, tumbanglah beberapa negara imperialis di Asia dan Pasifik. Banyaknya tuntutan dari negara yang terjajah menghadirkan kemunculan banyak Negara Negara baru dan Negara Negara merdeka yang terbebas dari penjajahan. Puncaknya, adalah kemudian terbentuknya oeganisasi  perdamaian dunia PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).

Sedangkan dalam bidang ekonomi, banyak sektor sektor ekomoni dunia yang mengalami kerusakan. hal ini dapat dilihat dari kerusakan parah yang terjadi pada sarana dan prasarana kehidupan, seperti gedung, jembatan, jalan raya, perumahan dan sebagainya hancur. Banyak negara membangun kembali infrastruktur ini dari nol dan bangkit untuk berjuang. Hal ini mendorong Amerika Serikat menjadi Negara penyumbang pinjaman (kreditur dunia). Kala itu, Amerika Serikat hadir dengan Bank internasionalnyayang tergabung dalam unholy trinity. Yaitu adanya WTO, IBRD, dan IMF.

Lalu apabila ditinjau dari aspek sosial, Perang Dunia II telah menelan korban jutaan jiwa. Selepas itu, kemudian Kemiskianan, kelaparan, dan wabah penyakit tumbuh dimana mana. Walau kemudian, beberapa kemajuan dalam Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat seiring dengan upaya pertahanan diri. terhadap serangan negara lain. Mulai muncul perlombaan sistem pertahanannegara yang kian mutakhir dan beradu power, antara satu negara dengan yang lainnya.

233 Views
Write your answer View all answers to this question