selasar-loader

Apa pendapatmu tentang Efek Rumah Kaca?

LINE it!
Answered Dec 11, 2017

Zulfian Prasetyo
Tertarik pada gaya hidup sehat dan pernak-pernik keseharian lainnya.

Saya baru mendengarkan lagi Efek Rumah Kaca (ERK) setelah terakhir kali melakukannya ketika masih "lincah-lincah"-nya berkeliaran di lingkungan sekolah dan kampus.

Kalau ada sekelompok pemain musik yang turut memberi pengaruh pada kehidupan saya, tidak berlebihan bila telunjuk saya mengarah pada anak-anak ERK. Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (bass, vokal latar), Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar), dan Poppie Airil (bas yang menggantikan Adrian karena masalah penglihatan) mengajarkan pada saya yang "ribet sejak dalam pikiran" bahwa pasar bisa diciptakan, bahwa dengan menjadi diri sendiri, akan tetap ada orang-orang yang menyukaimu, menghargai karyamu. Tidak perlu menjadi tak nyaman dengan diri sendiri akibat terlalu memikirkan apa anggapan orang terhadap satu milimeter pun gerakan kita.

Efek Rumah Kaca dikenal dengan lirik-lirik sosial yang sesekali memiliki rima, khas deretan barisan kata sastra klasik. Mereka tidak peduli-peduli amat dengan kondisi pasar karena, sekali lagi, pasar bisa diciptakan. Namun, rasa cuek itu juga tidak serta merta membuat mereka menelurkan karya berkualitas sampah. Ini kemudian membuat mereka memiliki tempat tersendiri di telinga para pendengar musik Indonesia.

Meskipun demikian, bukan berarti Efek Rumah Kaca tampil sempurna. Ada beberapa lagu musiknya terasa agak janggal, seakan-akan personilnya sulit melakukan bridging antara satu bagian dengan bagian lain, katakanlah antara verse dengan reffrain-nya. Pengaruh prioritas mereka pada lirik? Bisa jadi. Tapi beberapa musiknya sangat ringan meskipun amanat lagunya sangat bermakna. Saking ringannya, adik saya yang berusia 5 tahun sangat menikmatinya. Dia seringkali berjoget (dan mengajak saya, hahaha) setiap mendengar lagu mereka yang berjudul Balerina. Saya ambil salah satu videonya sebagai ilustrasi jawaban ini.

Terus berkaya, ERK!

150 Views
Write your answer View all answers to this question