selasar-loader

Siapa Widjojo Nitisastro?

LINE it!
Answered Dec 06, 2017

Zulfian Prasetyo
Pernah belajar keuangan dan bekerja di sektor keuangan.

k6eIu32bpApYxpdE4JLyvn8l4TxmNEcZ.jpg

Pemimpin Mafia Berkeley. Itulah julukan yang diberikan kepada Prof. Dr. Widjojo Nitisastro. Sebagaimana diketahui, ia adalah Menteri Indonesia yang dikenal sebagai arsitek utama perekonomian Orde Baru. Ia pernah diangkat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional periode 1971-1973 dan Menko Ekuin sekaligus merangkap sebagai Ketua Bappenas pada periode 1973-1978 dan 1978-1983.

Widjojo berasal dari keluarga pensiunan penilik sekolah dasar. Ayahnya adalah seorang aktivis Partai Indonesia Raya (Parindra) sekaligus penggerak Rukun Tani. Ketika revolusi pecah di Surabaya, ia baru duduk di kelas 1 SMT (setingkat SMA) di St.Albertus, Malang. Pada tahun 1945, Widjojo bergabung dengan pasukan pelajar yang kemudian dikenal sebagai TRIP (Tentara Republik Indonesia Pelajar). Widjojo bertempur dengan gagah berani dan nyaris gugur di daerah Ngaglik dan Gunung Sari, Surabaya. Seusai perang, Widjojo sempat mengajar di SMP selama tiga tahun. Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dan mengkhususkan diri pada bidang demografi.

Bersama seorang ahli dari Kanada, Prof.Dr.Nathan Keyfiz, Widjojo yang ketika itu masih menjadi mahasiswa menulis sebuah buku berjudul "Soal Penduduk dan Pembangunan Indonesia.” Pada bagian kata pengantarnya, Mohammad Hatta menulis, "Seorang putra Indonesia dengan pengetahuannya mengenai masalah tanah airnya, telah dapat bekerja sama dengan ahli statistik bangsa Kanada. Mengolah buah pemikirannya yang cukup padat dan menuangkannya dalam buku yang berbobot." Buku ini sangat populer di kalangan mahasiswa ekonomi. Widjojo lulus dengan predikat Cum Laude.

Sebagai salah satu mahasiswa paling cemerlang di kampusnya, Widjojo kemudian mendapat kesempatan untuk berkuliah di University of California at Berkeley atas beasiswa dari Ford Foundation. Ia lulus pada tahun 1961.

Widjojo adalah seorang Keynesian. Pemikiran ekonomi yang dianut Widjojo berdasar dari pemikiran John Maynard Keynes yang menyarankan kombinasi antara mekanisme pasar dan intervensi pemerintah. Konsep ekonomi Widjojo—yang kerap disebut pers sebagai ”Widjojonomics”—menekankan prinsip kehati-hatian yang "sangat" (prudent). Pemikiran Widjojo diuraikan dalam buku berjudul Pengalaman Pembangunan Indonesia: Kumpulan Tulisan dan Uraian Widjojo Nitisastro.

 

Ilustrasi via legaleraindonesia.com

168 Views
Andi Kustanto

Highly obsessed with Widjojo Nitisastro was an Indonesian economist and empiricist. :)  Dec 7, 2017

Zulfian Prasetyo

Cool, then. :)
  Dec 28, 2017

Write your answer View all answers to this question