selasar-loader

Kapan waktu yang tepat mengajarkan pendidikan seksual pada anak?

LINE it!
Answered Dec 04, 2017

Komunitas Anak Pintar
Akun resmi Anak Pintar, tempat berkumpulnya anak-anak indonesia

Sebagai orangtua untuk memberikan pendidikan seks pada anak, kita sudah tidak perlu lagi ragu atau malu2, karena ini suatu pembelajaran bukan lg menjadi tabu.

Sejak anak sudah bisa mengenal tubuhnya, kita sudah bisa memberikan pengertian pada anak tentang bagian-bagian tubuhnya. Sejak anak sudah bisa mengenal tubuhnya, kita sudah bisa memberikan pengertian pada anak tentang bagian-bagian tubuhnya. Perbedaan antara laki2 dan perempuan. Itu di usia 4 thn. Pada usia itu anak mulai memasuki sekolah TK.

Makanya ada materi dalam kurikulum Paud, mengenal diri sendiri. Kita juga sudah bisa menjelaskan fungsi anggota tubuh pada anak. Pasti teman2 sudah melakukan hal itu pada putra/i nya di rumah. Perbedaan antara laki2 dan perempuan. Itu di usia 4 thn di usia anak mulai memasuki sekolah TK.

Makanya ada materi dalam kurikulum Paud, mengenal diri sendiri. Kita juga sudah bisa menjelaskan fungsi anggota tubuh pada anak. Pasti teman-teman sudah melakukan hal itu pada putra/i nya di rumah. Namun sebagai orang tua kita juga perlu mempelajari perkembangan seksual yg dialami anak-anak kita. Hal itu bisa kita peroleh dari berbagai sumber.

Berdasarkan teori psikoanalisa dimana ada fase oral diusia anak 0-18 bulan, fase anal di usia 2-3 tahun, dst. Setelah anak mulai mengerti dan memasuki usia TK, kita harus ajarkan anak mengenal bagian2 tubuh yang perlu di jaga dan dilindungi.

Awalnya mulai dari bagian tubuh yang umum lebih dahulu seperti, mata, mulut, dsb. Setelah anak masuk TK dan sudah dapat kita latih untuk buang air sendiri dengan bimbingan yg berulang ulang. Usia TK kelas B, kita ajarkan anak mengenai perbedaan anggota tubuh antara laki-laki dan perempuan.

Ingat bahwa Alloh (dalam ajaran islam) hanya menciptakan dua jenis kelamin, laki dan perempuan. Jd tidak ada (maaf) banci. Setelah anak mengetahui anggota tubuhnya yang intim, kita ajarkan anak untuk bisa melindungi anggota tubuhnya yang intim dari sentuhan orang lain, termasuk ayah atau saudara laki2, untuk anak perempuan kecuali oleh ibunya. Bagian tubuh itu di wajah bagian mulut, ke bawah leher, terus dada lanjut ke bawah bgaian antara dua paha dan terakhir bagian belakang (maaf, pantat). Anak perlu diajarkan untuk bisa mengenali orang-orang yang berniat tidak baik disekelilingnya, atau melakukan pembelaan terhadap dirinya jika ada org yang bermaksud tidak baik padanya. Misalnya berani berteriak. Atau berlari atau bahkan melakukan perlawanan jika diperlukan.

Mohon maaf saya tidak membahas panjang lebar tentang perkembangan seksual anak lebih jauh, karna mungkinn waktu tidak memungkinkan.

Jadi pendidikan seks yang dimaksud di sini isinya mengenalkan bagian-bagian tubuh terutama yang sangat pribadi, dan cara menjaganya ya bu. Sebagai orang tua pun kita jangan sampai melakukan kesalahan ketika menyentuh anak, atau memeluk atau pun mengusapnya. Karena kita tau batasan rasa sayang ataupun hal yang berlebihan. Pendidikan seks itu sampai anak dewasa. Nanti anak juga masih perlu diajari ya ketika mulai puber. Apalagi untuk anak perempuan yang akan mengalami yang namanya menstruasi, agar dia tidak takut menghadapi ini.

232 Views
Write your answer View all answers to this question