selasar-loader

Apakah perbedaan antara lukisan Basoeki Abdullah dan Dede Eri Supria?

LINE it!
Answered Dec 04, 2017

Tasri Jatnika
Dosen, Pengajar dan Pengamat Seni Rupa, Praktisi Graphic Recorder dan Penulis

8QXmjANymAO7fX93KMqupT8XK6L1Zov7.jpg

Persamaan dari keduanya adalah menggambarkan obyek-obyek realis. Tapi, keduanya sangat jauh berbeda secara 'ide' pemaknaan.

Secara perupaan, lukisan-lukisan Basoeki Abdullah adalah lukisan naturalis yang bergaya romantik, yaitu gaya lukisan yang memaparkan keindahan alam, dalam hal ini bisa bentang alam (landscape), binatang, perempuan, manusia, dan sebagainya.

Adapun lukisan-lukisan Dede Eri Supria cenderung kepada gaya surealis, yaitu sebuah gaya yang memperlihatkan obyek-obyek yang nyata (realis), tetapi disampaikan dengan sebuah penceritaan atau narasi yang sangat berbeda atau di luar kenyataan yang ada dengan tujuan untuk memberikan nilai dan makna yang lebih. Dengan demikian, kepentingan seniman untuk menyampaikan ide bisa lebih mendalam dan meluas maknanya.

 

zSC12DiRanCRyxf3GHKPK5egqsDUL9fb.jpg 
Salah satu sudut di Museum Basoeki Abdullah di Cilandak, Jakarta Selatan. 

 

WdENKGB2QjFTY6ghDhYz6u6bv9pxx4CA.jpg
Dede Eri Supria, "Labyrinth", Oil on Canvas 138 cm x 139 cm (2016) 

 

Dede, saya amati, membutuhkan gambaran (wimba) obyek-obyek yang nyata untuk jadi "penanda" dalam menyampaikan idenya, tentang kontradiksi antara nurani yang masih naif dan lugu (anak kecil) dengan ambisi dan dorongan materialistis (penunggang kuda-merk rokok) latar belakang labirin yang jauh mata memandang memberikan kesan yang kuat tentang ketidakpastian. Gambar ini diambil dari taggar #dedeerisupria.

Adapun karya-karya almarhum Basoeki Abdullah cenderung lebih banyak memberikan tampilan yang menentramkan para penikmat rupa, memanjakan kita dengan pencapaian teknik, komposisi, dan warna yang sedap dipandang mata. Gambar di atas diambil dari IG Museum Basoeki Abdullah.

 

Ilustrasi via pixabay

115 Views
Write your answer View all answers to this question