selasar-loader

Apa itu infrastruktur?

LINE it!
Answered Dec 03, 2017

Andi Kustanto
Data Enthusiast | Tea Lover | Jazz Lover

Dalam berkehidupan manusia akan melakukan berbagai aktivitas yang dapat mendukung mereka untuk tetap dapat bertahan hidup dan meningkatkan kesejahteraannya. Untuk dapat melakukan aktivitasnya tersebut, masyarakat membutuhkan suatu pelayanan-pelayanan atau fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung mereka dalam beraktifitas. Berbagai pelayanan yang dapat memfasilitasi masyarakat dalam beraktivitas ini disebut juga dengan infrastruktur.

Infrastruktur merujuk pada sistem fisik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi. Sistem infrastruktur merupakan pendukung utama fungsi sistem sosial dan sistem ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Sistem infrastruktur dapat didefinisikan sebagai fasilitas, struktur dasar, peralatan, instalasi yang dibangun untuk kebutuhan sistem sosial dan sistem ekonomi masyarakat.

Menurut The World Bank (1994) infrastruktur dapat dibagi menjadi tiga golongan, yaitu:

1. Infrastruktur ekonomi merupakan fisik yang menunjang aktivitas ekonomi: public utilities (tenaga listrik, telekomunikasi, air, sanitasi, gas) public work (jalan, bendungan, kanal, irigasi, dan drainase) dan sektor transportasi (jalan, rel, pelabuhan, lapangan terbang, dan sebagainya).

2. Infrastruktur sosial merupakan infrastruktur yang mengarah pada pembangunan manusia dan lingkungannya seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, dan rekreasi.

3. Infrastruktur administrasi merupakan infrastruktur dalam bentuk penegakan hukum, kontrol administrasi dan koordinasi.

Sedangkan Sturm, Jacobs, dan Groote (1999) menggolongkan infrastruktur kepada dua bagian yaitu:

1. Infrastruktur dasar (basic infrastructure) mencakup sektor-sektor publik dan keperluan mendasar untuk sektor perekonomian, yang tidak dapat diperjualbelikan (non tradable) dan tidak dapat dipisah-pisahkan secara teknis maupun spasial. Contohnya jalan raya, kereta api, kapal, pelabuhan laut, drainase, dan bendungan.

2. Infrastruktur pelengkap (complementary infrastructure) seperti gas, listrik, telepon, dan pengadaan air minum.

Secara umum infrastruktur dapat didefiniskan sebagai fasilitas fisik dalam mengembangkan atau membangun kegunaan publik melalui penyediaan barang dan jasa untuk umum. Infrastruktur fasilitas dan jasa biasanya disediakan secara gratis atau dengan harga yang terjangkau dan terkontrol (Akatsuka dan Yoshida, 1999). Pembangunan infrastruktur menjadi penopang kegiatan-kegiatan yang ada dalam  suatu ruang. Infrastruktur merupakan wadah sekaligus katalisator dalam sebuah pembangunan ekonomi yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu negara atau wilayah.

 

Referensi

Akatsuka, Yuzo., dan Yoshida, Tsuneaki. 1999. Systems for Infrastructure Development : Japan’s Experience. Japan International Cooperation Publishing.

Sturm, Jan-Egbert, Jan Jacobs, dan Peter Groote. 1999. Output Effects of Infrastructure Investment in the Netherlands, 1853–1913. Journal of Macroeconomics 21 (2): 355–80. doi:10.1016/S0164-0704(99)00107-X.

World Bank. 1994. World Development Report 1994. 1: 94. doi:10.1596/978-0-1952-0992-1.

1763 Views
Write your answer View all answers to this question