selasar-loader

Apakah Islam identik dengan kekerasan?

LINE it!
Answered Dec 03, 2017

Muhamad Iman Abdurahman
Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Gadjah Mada / RK 8 Yogyakarta

islam tidak identik dengan kekerasan. Islam adalah agama rahmatanlil'alamin. Islam agama yang tidak memaksa bagi siapa saja yang ingin masuk kedalamnya. jika islam diidentikan dengan kekerasan, itu adalah akibat dari ketidakpahaman sekelompok orang atau golongan dengan mengatasnamakan islam sebagai perjuangannya melalui cara kekerasan. Dalam beberapa ayat Al Quran pun telah dijelaskan baik secara eksplisit maupun secara implisit, bahwa islam adalah agama yang tidak identik dengan kekerasan melainkan islam adalah agama yang mengutamakan kedamaian. 

 “Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. “ (QS Al Anfal : 61).

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya” (QS. Al Maidah: 32).

“Mereka berkehendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan- ucapan) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahayaNya, walaupun orang-orang yang kafir tidak menyukai.” (QS. At Taubah: 32).

“Katakanlah: Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.” (QS Al Kafiruun)

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. “ (QS An Nahl : 125)

155 Views
Write your answer View all answers to this question