selasar-loader

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Percaya atau tidak, Korea Selatan pernah lebih miskin dari Indonesia di masa lalu.


Gunawan
Mahasiswa Ekonomi dan Studi Pembangunan IPB | Peserta Rumah Kepemimpinan Bogor

Melihat pertanyaan ini, saya menjadi teringat dengan pemaparan dosen saya di salahh satu mata kuliah yang sedang saya ambil. Dikala itu, beliau membahas terkait hal ini.

Perbedaan mendasar kenapa Indonesia saat ini kalah dengan Korea Selatan dalam hal kemajuan ekonomi, teknologi, dan peradabannya karena masalah kualitas sumberdaya manusia. Kualitas SDM disini yang membedakan adalah perilaku dan etika terutama yang berkaitan dengan korupsi.

Pada tahun 80an, baik Indonesia dan Korea Selatan sama-sama melakukan pinjaman luar negeri. Ketika itu kondisi kedua negara tersebut masih sama, tidak timpang seperti saat ini. Pinjaman luar negeri tersebut digunakan oleh kedua negara tersebut untuk membangun perekonomian negaranya masing-masing. Namun yang memberdakannya adalah di Indonesia, sebagian utang tersebut disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk memperkaya dirinya sendiri sehingga pembangunan yang dilakukan tidak dapat dilakukan dengan anggaran yang maksimal. Di Korea Selatan, utang tersebut 100% digunakan untuk melakukan pembangunan mulai dari infrastruktur dll. Selain itu, masayarak Korea Selatan bergotong royong untuk membantu pemerintah dalam pembangunan tersebut. Hasilnya adalah pada tahun 90an mendekati 2000, Korea Selatan mampu mandiri dan malah 

202 Views
Write your answer View all answers to this question