selasar-loader

Apa saja perbedaan antara Spanyol dan Catalonia?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Muhammad Rizki Syahputra
S1 Ilmu Komputer USU|Rumah Kepemimpinan Medan

Sisi Sejarah
Dari sisi sejarah, masyarakat Catalunya merasa berbeda dengan Spanyol. Catalunya di Abad Pertengahan adalah negara merdeka di Semenanjung Iberia - sekarang Spanyol dan Portugal - yang memiliki bahasa, hukum, dan adat yang berbeda.
Wilayah Catalunya dan Aragon direbut dari tangan Ratu Aragon dan Ramon Berenguer, penguasa Barcelona, oleh Raja Philip V pada tahun 1714. Setahun kemudian, Raja Philip V menguasai seluruh Spanyol.
Raja-raja kemudian ingin memaksakan bahasa dan hukum Spanyol di Catalunya. Tapi upaya itu berhenti pada 1931 dan kerajaan Spanyol membentuk kembali Generalitat, pemerintah nasional Catalunya. Kemudian kelompok separatis Catalunya mulai berkembang pesat.
Tahun 1938 terjadi Perang Ebro antara separatis dan tentara Panglima Spanyol, Jenderal Fransisco Franco. Perang itu dimenangkan Spanyol dengan tewasnya 3.500 orang di Catalunya dan ribuan lainnya mengungsi.
Franco meninggal dunia pada 1975 dan pada 1977, negara itu memeluk demokrasi. Catalunya kemudian diberikan status otonomi khusus.
Seruan kemerdekaan dari wilayah di timurlaut Spanyol itu mulai kencang terdengar pada 2010 setelah Mahkamah Konstitusi Spanyol menghapuskan statuta otonomi pada 2006 yang mengatakan Catalunya bukan negara di dalam negara.

262 Views
Write your answer View all answers to this question