selasar-loader

Bagaimana langkah yang seharusnya diambil oleh pemerintah untuk memajukan teknologi di Indonesia?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Bagaimana langkah yang seharusnya diambil oleh pemerintah untuk memajukan teknologi di Indonesia?


Muhammad Rizki Syahputra
S1 Ilmu Komputer USU|Rumah Kepemimpinan Medan

Sebenarnya SDM yang di milki oleh indonesia di bidang IT sudah cukup mumpuni dan bisa bersaing di Dunia, contoh penemu 4g, tetapi meraka tidak memilki tempat untuk berkaraya di negeri ini dan tidak ada support dari pemerintah untuk mereka berkarya, sehingga mereka memilih negara yang mau membantu mereka, dari permasalahan di atas, dapat di ambil kesimpulan untuk memajukan TI di Indonesia yaitu, pemerintah harus menyaipakan sarana dan prasarana yang mendukung dan memberikan sossialisasi kepada masyarakat.

221 Views
Royyan Dzakiy

Bicara teknologi maka tidak jauh dari kultur riset. Indonesia memiliki banyak researcher hebat yang telah tersebar di seluruh penjuru dunia. Mereka memiliki ide brilian dan karya-karya besar tidak kalah dengan peneliti maupun pakar di tingkat global. Masalahnya pemerintah belum banyak memberikan ruang bagi para peneliti ini. Sesederhana pengalokasian dana untuk sebuah riset postdoktoral bisa jadi tak sampai 250 juta rupiah, padahal di beberapa negara di eropa, dana minimum yang diberikan adalah sekitar 1M. Barangkali prioiritas pendanaan atas riset dan pengembangan teknologi bisa dipertimbangkan pemerintah. Dan pemerintah bisa mengalokasikan pengembangan riset itu untuk memenuhi target capaian pemerintah.


Namun, satu aspek yang sedang banyak disorot adalah perkembangan pelaku inovasi seperti pelaku startup dan pengembangan UMKM. Tidak sedikit kalangan ini melakukan beragam gebrakan di bidang teknologi, sebut saja Bukalapak dan Mycotech. Tim yang pada awalnya kecil dan berorientasi pada pembuatan produk awal atau MVP (Minimum Viable Product), mereka akan fokus pada pengembangan produk dan teknologi yang mendukung produk mereka tersebut. Akan baik sekali jika pemerintah memberikan sokongan berupa pendanaan, pinjaman lunak dan berbagai kebijakan lain yang mendukung pengembangan dari perusahaan atau unit usaha di level awal. Kelak kultur inovasi ini akan kian berkembang dan menghasilkan teknologi yang jauh lebih beragam lagi.
  Dec 31, 2017

Write your answer View all answers to this question