selasar-loader

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Percaya atau tidak, Korea Selatan pernah lebih miskin dari Indonesia di masa lalu.


Rohman Sidik
Manager Beasiswa JMMI Foundatin | Peserta RK Surabaya angkatan 8 | Be great

Memang benar, Korea selatan dahulu kala pernah lebih miskin dari Indonesia. Korea selatan juga pernah dijajah oleh Jepang sebagaimana Indonesia.  Disini saya kan membatasi pengertian maju dalam koridor dunia keotomotifan. 

Dalam sebuah dialog interaktif dengan salah seorang praktisi industri otomotif nasional dari surabaya, salah satu hal yang menjadi suntikan revolusioaner korea selatan adalah ketidakmauannya kalah terhadap Jepang. Negara Jepang pernah menjajah mereka, dan mereka berkeinginan kuat untuk membuktikan kekuatannya. Salah satunya adalah dalam hal teknologi otomotif. Investasi besar besaran dilakukan pemerintah demi mengembangkan otomotif di korea selatan. Pelarangan kendaraan Jepang diperjual belikan di korea pun masif dilakukan. Tentunya sasarannya adalah untuk menyaingi industri otomotif Jepang. 
Disisi yang lain, di Indonesia saya fikir perkembangan/kemajuan industri otomotif sangatlah kurang. Negara ini justru menjadi sasaran empuk produk produk Jepang. Berbagai inovasi dan karya anak bangsa justru malah disendat dan dihambat. Orang orang yang mendukung kemajuan produk dalam negeri justru malah dibinasakan. Inventasi dalam pengembangan produk juga diminimalisir. Hal ini jelas jauh berbeda sekali dengan di negara korea Selatan. Enginer atau eksekutor eksekutor luar negeri justru malah lebih dipercaya daripada engineer dalam negeri. Padahal ketika kita berbicara mobil ESEMKA, GESITS, Dan produk-produk otomotif dalam negri lainnya. Dalam kejuaraan Internasional tak jarang memenangi gelar juara.

199 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored