selasar-loader

Apakah ranking perguruan tinggi berpengaruh pada karier alumninya?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Setiap tahun, ranking perguruan tinggi dalam negeri dikuasai oleh UI, ITB, UGM, dan universitas-universitas negeri lainnya. Sebenarnya, apakah ranking tersebut bisa mempengaruhi karier alumni perguruan tinggi tersebut?


Yusup Ridwansyah
Calon Peneliti, Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

images?q=tbn:ANd9GcQwLBuVkaYi4CBHn1yOKUK

Universitas dimana tempat kuliah tidak menjadi variabel tunggal dalam menentukan carreer path seseorang. Terdapat banyak variabel yang memberikan pengaruh besar pada alumni saat memasuki karirnya. Rangking perguruan tinggi bisa menjadi salah satu indikator kesuksesan alumni dalam berkarir. Image serta rangking universitas adalah modal dan power alumni dalam berkarir. Berdasarkan studi penelitian dari salah satu almuni UI menemukan bahwa IPK dan Rangking Universitas berpengaruh pada entry point karir alumni. Pada saat perekrutan pegawai, rangking universitas dan IPK cukup berpengaruh untuk menentukan posisi yang mungkin lebih tinggi daripada alumni dari rangking universitas medioker. Namun, seiring berjalannya karir, soft skills menjadi variabel utama yang menentukan karir alumni. Belum tentu lulusan PT ternama atau 10 PT terbaik akan menjamin percepatan karir dibanding perguruan tinggi lainnya.

Jadi intinya bahwa rangking universitas menjadi salah satu variabel kesuksesan alumni dalam berkarir terutama pada saat perekrutan awal, tetapi bukan menjadi variabel tunggal penentu karir.

127 Views
Write your answer View all answers to this question