selasar-loader

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Percaya atau tidak, Korea Selatan pernah lebih miskin dari Indonesia di masa lalu.


Andini Ika
Mahasiswa Farmasi UI l Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional 1 Jakarta

5Mp6PLAtpGe4_Oi_yrHFf-9c5DJ2C-7C.jpg

Membacara kisah bangkitnya Korea Selatan selalu memiliki makna tersendiri bagi saya. Memang seperti yang kita ketahui bahwa Korea Selatan pernah menjadi negara dengan jumlah penduduk miskin yang tinggi serta memiliki kondisi perekonomian yang buruk. Akan tetapi Korea Selatan yang kita lihat hari sudah bertransformasi menjadi salah satu Macan Asia dalam perekonomiannya.Negara yang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah dan kondisi geografis yang terbilang  tidak berpotensi ini memang cukup membuat dunia kagum dengan melesatnya perekonomian negara ini. 

Selepas perang saudara dengan Korea Utara yang berlangsung 1950-1953, Korea Selatan terus bangkit  menjadi negara industri modern  yang disegani dunia.Sebenarnya dibalik kesuksesannya ini banyak rahasia yang mendasari nya

Pertama, Korea Selatan sebenarna memiliki bertekad untuk menyalip negara yang pernah menjajahnya dan negara yang pernah memandangnya sebelah mata, yiatu Jepang. Perihnya penjajahan Jepang membuat bangsa Korea memiliki semangat untuk harus mengalahkan bangsa Jepang (dalam pengertian soft-power). Dengan ketekunan dan kesungguhan dari pemerintah dan juga dukungan dari masyarakat Korea maka merea dapat dikatakan sudah dapat membuktikan hasil dari apa yang mereka perjuangkan.

Kedua,kisah kebangkitan Korsel menunjukkan kunci sukses suatu pembangunan ekonomi bukan terletak pada ada atau tidaknya SDA, tetapi pada ada tidaknya kemauan dan kemampuan manusianya, terutama level pemimpinnya, dan pada pilihan pilihan strategi kebijakan. Kemampuan pemerintah Korsel dalam membuat strategi dalam mengedepankan pengembangan kualitasnya SDM merupakan salah satu langkah bijak, melihat kondisi Korsel yang miskin dalam hal SDA.

Ketiga, keberhasilan Korsel jelas didukung budaya kerja keras dan etos kerja yang tinggi. Orang Korsel dikenal sebagai pekerja keras, dengan jam kerja jauh lebih panjang dibandingkan negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) lain.

169 Views
Write your answer View all answers to this question