selasar-loader

Mengapa orang tidak beralih ke energi terbarukan?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Para peneliti telah menemukan banyak ragam energi terbarukan. Namun, mengapa mayoritas orang masih mengandalkan bahan bakar fosil?


Ardyas Nur Aufa
Mahasiswa Teknik Fisika ITS Ang. 2015

kaEkN7Ea-t96QdYA7NWwd3fov_SPrQwR.jpg

Biaya

Tidak seperti namanya, energi terbarukan tidak benar-benar menjadi energi 'terbarukan' jika kita berdiskusi mengenai penggunaannya. Banyak  riset yang dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi mengenai energi terbarukan. Namun, infrastruktur teknologi yang digunakan sebagai sarananya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Misalnya dalam teknologi panel surya. Untuk mendapatkan panel surya dibutuhkan proses fabrikasi semikonduktor dengan ccampuran silikon. Sedangkan industri semikonduktor masih dikuasai oleh negara-negara tertentu saja, misal Amerika Serikat dan Tiongkok. Sehingga, untuk pengadaan sel surya mengharuskan kita untuk mengimpor dari negaranegara tersebut dengan harga yang tinggi.

Mindset

Sudah saatnya Indonesia beralih ke penggunaan teknologi energi terbarukan. Kita tidak dapat bergantung hanya pada bahan baka fossil (minyak bumi dan batu bara). Cadangan minyak dunia hanya mampu memenuhi kebutuhan hingga 50 tahun lagi dan Indonesia telah menjadi net importir minyak bumi sejak tahun 2004. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia sangat tergantung dengan pasokan energi fossil dai luar, padahal masih banyak potensi kekayaan alam Indonesia berupa air, panas bumi, angin, biomass, dan surya yang dapat kita manfaatkan. Mindset tentang subsidi BBM dan penggunaan teknologi, terutama transportasi, berbahan bakar fossil, harus sesegera mungkin kita tinggalkan.

Sumber gambar: nttcom.tv

191 Views
Write your answer View all answers to this question