selasar-loader

Bagaimana cara Anda mengatasi rasa gugup?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Prasetyo Aji Laksono
Mahasiswa FISIP UI 2015 | Rumah Kepemimpinan angkatan 8

Rasa gugup dalam menghadapi sesuatu merupakan hal yang wajar. Namun, kadang kita bisa merasa kesal apabila rasa gugup ini tidak dapat kita atasi dengan baik. Ada berbagai cara untuk mengatasinya dan setiap orang pasti tidak selalu bersepakat dengan tips yang diberikan untuk mengatasi masalah ini. Namun, saya pribadi pun memiliki kesulitan dalam menghadapi rasa gugup ini dan saya percaya bahwa rasa gugup tidak selalu harus dihilangkan, melainkan harus diredam.

Rasa gugup diredam supaya saya dapat berpikir rasional dan apa yang terlontar dari ucapan saya tidak asal. Cara-cara yang dilakukan pun harus sesuai dari konteks penyebab rasa gugup ini timbul. Di tulisan ini, saya akan menyampaikan cara saya mengatasi gugup ketika berbicara di depan umum, di antaranya :

1. Memahami kondisi lapangan, maksudnya di sini adalah mengetahui siapa saja audiensnya dan apa tujuannya mereka di sini. Hal ini supaya saya dapat mengendalikan dan memilah kata-kata yang saya sampaikan. Berbeda pasti cara penyampaian saya kepada anak-anak dan orang dewasa.

2. Tersenyum sambil memandang seluruh audiens. Menarik napas kemudian tersenyum menghadap seluruh audiens akan meredam sedikit rasa gugup dan panik.

3. Meyakinkan diri bahwa saya dapat melewatinya dengan baik, setidaknya tidak memalukan. Terus berpikir positif tentang semuanya bahwa saya dapat mengatasi rasa gugup yang mendera.

4. Menguasai materi atau poin-poin yang akan dikatakan dan terus berlatih.

Begitulah kiranya cara saya untuk mengatasi rasa gugup jika menerpa tatkala sedang berbicara di depan umum. Mungkin pembaca ada yang tidak setuju dengan poin-poin yang saya tulis, tetapi lagi-lagi seperti yang saya tulis di awal bahwa setiap orang memiliki caranya masing dalam melawan rasa gugup itu.

 

#Jawabanku November 2017

153 Views
Write your answer View all answers to this question