selasar-loader

Bagaimana cara memotivasi diri sendiri?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Prasetyo Aji Laksono
Mahasiswa FISIP UI 2015 | Rumah Kepemimpinan angkatan 8

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam memotivasi dirinya. Hal ini berdasarkan dengan konstruksi kebudayaan yang dialami individu. Motivasi yang saya maksud di sini adalah semangat dalam beraktivitas atau bekerja untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Saya pribadi dalam memotivasi diri setidaknya harus memperhatikan tiga hal. :

1. Menyadari bahwa waktu berlalu dengan cepat. Mungkin ini terasa normatif, tetapi lagi-lagi dengan memahami waktu yang kita miliki terbatas dan setiap kita memiliki tujuan yang besar, maka dengan itu saya berusaha untuk bersemangat di setiap pagi.

2. Mengingat perjuangan mereka yang telah mendukung diri ini terus tumbuh. 'Mereka' yang saya maksud di antaranya adalah keluarga, kawan, dan guru-guru saya. Ya, mereka, terlebih orangtua pasti telah melakukan pengorbanan yang besar untuk menyokong kehidupan anak-anaknya. Orangtua juga mempercayakan anaknya untuk memilih jalan hidupnya sendiri. Maka, malu dan merasa gagal jika tidak optimal dalam mengemban kepercayaan dari mereka. Begitu pula dengan kawan dan guru-guru yang selalu mendukung kita dalam berbagai hal hingga kita bisa melangkah sejauh ini demi meraih tujuan yang hendak dicapai

3. Melakukan aktivitas produktif di pagi hari. Pagi hari menjadi waktu yang krusial dan bisa jadi sangat menentukan untuk kita bisa tetap semangat hingga satu hari ini berlalu. Maka, pastika di pagi hari kita mengembangkan mood baik kita. Kegiatan produktif di pagi hari di antaranya yang bisa dilakukan adalah beribadah kepada-Nya, mandi, membaca buku, menulis satu artikel pendek, olahraga, dan lain sebagainya yang membuat dirimu bahagia dan produktif.

Begitulah tiga hal yang saya perhatikan untuk memotivasi diri sendiri supaya tetap semangat dan melakukan aktivitas dengan sebaik-baiknya. Sekali lagi, setiap orang mungkin berbeda-beda dalam memaknai motivasi dan cara-cara yang dilakukan supaya tetap bersemangat. Namun, yang harus kita pastikan dalan menjalani hidup setidaknya adalah motivasi ini timbul dari diri sendiri supaya meski banyak halangan dari luar (yang seringkali tidak bisa kita kendalikan), kita dapat melaluinya dan mengambil setiap petikan makna di dalamnya.

 

#Jawabanku November 2017

176 Views
Write your answer View all answers to this question