selasar-loader

Bagaimana cara menghadapi depresi?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta

Woman enjoying sunlight

Depresi merupakan salah satu gangguan psikis yang bisa menyerang siapapun. Gangguan ini bisa menjangkiti semua kalangan umur. Untuk mengatasi depresi, dibutuhkan aksi. Namun, melakukan aksi selama masa depresi sangatlah sulit. 

Hal yang bisa mengatasi depresi adalah perkara yang paling sulit kita lakukan selama kita mengalami itu. Namun ada perbedaan mendasar antara sulit dan tidak mungkin. Percayalah, segala sesuatunya masih mungkin jika kita mau berusaha sekuat tenaga untuk mengatasinya. Karena jika kita hanya membayangkan hal-hal yang menyenangkan, olahraga, bermimpi banyak hal tidak akan memperbaiki kehidupan kita sama sekali.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

1. Tetaplah terhubung
Saat  depresi, kita cenderung nyaman untuk merasa sendiri; mengurung diri di dalam kamar, tidak mau diganggu. Ketahuilah bahwa dengan melakukan kontak sosial, kita bisa mengurasi depresi. Boleh jadi saat kita berniat untuk melakukan kontak sosial, ada perasaan-perasaan semacam takut dan malu dengan keadaan kita. Hal itu perlu diabaikan. Tetap paksalah diri untuk melakukan kontak sosial. Hal yang terbaik adalah kontak di dunia nyata, karena cara konvensional ini belum bisa tergantikan dengan ponsel, chit-chat, dan lain sebagainya.

2. Melakukan hal yang kamu sukai
Lakukanlah hobi yang kita sukai. Memancing, menari, memasak, dan lain sebagainya mampu meringankan depresi kita. Hal lainnya adalah memelihara binatang. Merawat binatang bisa mengisi waktu-waktu kosong kita sehingga dapat mengurangi gejala depresi.

3.  Bergerak
Orang yang mengalami depresi pasti enggan berolahraga. Kita cendrung meringkuk di kamar dan tidur seharian. Ketahuilah bahwa olahraga adalah senjata ampuh melawan depresi.

4. Makan makanan yang sehat
Orang yang depresi cenderung malas makan. Jadilah energinya semakin lemah, baik secara fisik maupun secara psikis.

5. Merasakan sinar matahari
Cahaya matahari bisa meningkatkan hormon serotonin dan meningkatkan mood kita. Luangkan waktu untuk mencari cahaya pada pagi hari

Sumber : 
https://www.helpguide.org/articles/depression/coping-with-depression.htm

----
Demikianlah. Secara garis besar, penanggulangan terhadap depresi bisa dilakkan melalui 2 (dua) hal:

1. Bangun persepsi yang positif.
Orang yang merasa mengalami masalah besar itu belum tentu besar secara faktual. Bisa jadi, itu terjadi karena pikirannya sendiri yang dibesar-besarkan. Selain itu, boleh jadi seseorang menjadikan suatu perkara sebagai masalah, padahal sebenarnya yang ia khawatirkan bukanlah masalah sama sekali. Sebagai contoh, banyak sekali orang yang mengeluhkan hitamnya kulit, padahal kalau kita bisa menilik hati, itulah hal yang sepatutnya kita syukuri, bukan kita permasalahkan.

2. Kuatkan interaksi dengan Allah
Ingatlah, sebelum kita merasa memiliki apapun, kita memiliki Allah. "Jagalah" Allah maka Allah akan menjagamu. Luangkan waktu untuk berdoa kepada-Nya, curhat kepada-Nya, karena dialah yang Mahakuat dan Mahakuasa atas semua hamba-Nya. :)

306 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta