selasar-loader

Apakah tantangan dunia farmasi Indonesia saat ini?

LINE it!
Answered Dec 02, 2017

Bagaimana solusinya?


Nurul Muizah
Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM | www.sepotongpermen.wordpress.com

Resistensi antibiotik. 

0AmmkrvkN3Msvb28pvuXeDIXRUm8LMP6.jpg

Sebenarnya, resistensi antibiotik bukan hanya masalah Indonesia, tapi masalah global. Resistensi antibiotik terjadi ketika bakteri tahan terhadap antibiotik yang menyebabkan kegagalan terapi.

Bakteri juga memiliki kemampuan adaptasi seperti kita. Artinya, what doesn't kill them will make them stronger. Paparan senjata antibiotik yang tidak tepat justru bisa membuat bakteri semakin kuat dan kebal. Sedangkan di negara berkembang seperti Indonesia, angka penyakit infeksi akibat bakteri masih sangat tinggi sehingga memerlukan banyak antibiotik untuk mengobatinya. Semakin diserang antibiotik, maka kemungkinan bakteri menjadi kebal antibiotik semakin tinggi.

Di sisi lain, pekembangan senjata antibiotik baru tidak secepat peningkatan ketahanan bakteri. Industri farmasi kita masih belum seinovatif industri farmasi negara maju dalam penemuan obat baru. Tapi, industri farmasi negara maju mungkin tidak begitu melirik antibiotik baru karena permasalahan utama kesehatan negaranya bukan lagi penyakit infeksi. 

 

Ilustrasi via tes.com

124 Views
Write your answer View all answers to this question