selasar-loader

Bagaimana cara menghadapi depresi?

LINE it!
Answered Dec 01, 2017

Goro Suseno Tumanggor
RUMAH KEPEMIMPINAN REGIONAL 6 MEDAN ANGKATAN 8 | Universitas Sumatera Utara

Ada beberapa cara untuk mengatasi depresi

1.  Rutin berolahraga

Dengan rutin berolahraga, dapat membantu tubuh kita lebih sehat, terutama bila berolahraga di pagi hari dapat menghirup udara segar, dapat pula menyegarkan pikiran kita, dan membuat hari kita menjadi lebih positif.
 

2. Berjalan-jalan

Tentu hampir semua manusia di dunia ini sangat senang jika berjalan – jalan. Maka, ada baiknya bila sobat pergi berjalan – jalan, bis ke pegunungan, pantai, ataupun danau. Lebih baik lagi jika, udara di tempat yang kita tuju masih sejuk, dan kita dapat menghirup udara segar disana.
 

3. Tersenyum dan tertawa

Segala masalah yang ada di dunia ini pasti terdapat jalan keluarnya. Oleh karena itu, tersenyum dan tertawalah atas segala masalah yang dihadapi.
 

3. Berfikir positif

Ya memang sulit untuk berpikir positif bila kita sedang dihantui perasaan tidak tenang dan dihantui depresi. Namun, tidak ada salahnya untuk kita belajar beroikir positif selalu.
 

4. Meditasi

Sebuah penelitian dilakukan tentang meditasi, didapat bahwa meditasi dapat mencegah depresi. Meditasi memberikan dampak tenang bagi diri yang melakukannya.
 

5. Yoga

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat memberikan dampak positif bagi tubuh, yaitu dapat mengatasi gangguan emosi, depresi berat, mengurangi stress, dan meningkatkan kualitas diri.
 

6. Bercerita

Jika sobat punya masalah ada baiknya berceritalah ke orang terdekat. Ini sangat ampuh sekali untuk mengatasi depresi. Karena, masalah yang dihadapi pasti akan terasa lebih ringan lagi bila ada orang terdekat yang mengetahui. Bukan tidak mungkin, jika mereka memberika saran dan nasehat yang baik untuk masalah yang kita hadapi.
 

7. Berserah diri pada Tuhan YME

Cara yang satu ini tentu cara yang paling ampuh, dengan berserah diri pada Tuhan YME meyakinkan kita bahwa semua sudah digariskan oleh NYA. Untuk orang islam dengan beristigfar dan membaca ayat-ayat al Qur'an akan membantu mendamaikan hati. Begitu pula dengan agama yang lainnya. Dengan melakukan kebaikan dan berserah diri akan membuat hati damai dan jauh dari depresi.

230 Views
Write your answer View all answers to this question