selasar-loader

Bagaimana cara mengenalkan anak pada gawai (gadget)?

LINE it!
Answered Dec 01, 2017

Okky Tria Kurniadi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM

Pertama yang harus diperhatikan adalah seberapa anak sudah mengenal dunia offline (red: dunia nyata)? kenapa seperti itu, karena pemahaman anak yang masih belum sempurna terkait dimana dia harus memberikan prioritas dan perhatian akan membuat anak tersebut bias terkait anggapan dunia nyata mereka dengan dunia nyata yang asli. contoh paling real adalah beberapa gamers mereka merasa lebih hidup didunia online daripada dunia mereka asli, padahal ketika melihat gamers tersebut bisa saja sudah berumur 20 tahun. Orang dewasa saja yang secara nalar berpikirnya saja sudah lengkap masih bisa menyimpang secara persepsi personal, apalagi anak-anak.

Kedua, pahamkan pada si anak bagaimana menggunakan gadget dengan sekedarnya. beri tau kenapa harus mengenal gadget (bukan untuk main semata). bagaimana etika bermain gadget saat ada orang berbicara atau saat kumpul bersama keluarga.

dan yang terakhir adalah berilah contoh yang baik bagaimana menggunakan gadget dengan bijak. dan jangan mengenalkan gadget lebih jauh sebelum anak tersebut mulai terbiasa menirukan (tahap awal) dulu cara penggunaan gadget melalui diri anda, sebelum nanti anda memberikan hak anak untuk mengeksplorasi lebih jauh, namun juga harus ada controling juga.

yang perlu dipahami ialah tidak ada salahnya menggunakan gadget karena kebutuhan kita terkait update teknologi juga amat diperlukan, hanya saja bagaimana cara kita mengelola kebutuhan kita akan gadget. Kenalkan dulu lingkungan sekitar ajari terkait adab, norma, agama, dan sosial

244 Views
Write your answer View all answers to this question