selasar-loader

Apa pekerjaan anggota DPD?

LINE it!
Answered Nov 30, 2017

Abd Jalil
Wakil Kepada Departemen Adkesma BEM UI 2017 | pemilik blog www.hailogue.com

Tugas dari anggota DPD Adalah sebagai berikut:
 
  • DPD dapat mengajukan kepada DPR RUU yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya; serta yang berkaitan dengan pertimbangan keuangan pusat dan daerah.
  • DPD ikut membahas RUU yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya; serta yang berkaitan dengan pertimbangan keuangan pusat dan daerah yang diajukan oleh DPR maupun oleh pemerintah.
  • DPD memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU APBN, RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan dan agama. Pertimbangan tersebut diberikan dalam bentuk tertulis sebelum memasuki tahapan pembahasan anatara DPR dan pemerintahan sehingga menjadi bahan bagi DPR dalam melakukan pembahasan dengan pemerintah.
  • DPD memberikan pertinmbagan kepada DPR dalam pemilihan anggota BPK. Pertimbangan tersebut disampaikan secara tertulis sebelum pemilihan anggota BPK.
  • DPD dapat melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya; pelaksaan APBN, pajak, pendidikan dan agama. Pengawasan tersebut merupakan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang yang hasilnya disampaikan kepada DPR sebagai bahan pertimbangan untuk ditindaklanjuti.
  • DPD menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari BPK untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN.

306 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored

Author Overview


Abd Jalil
Wakil Kepada Departemen Adkesma BEM UI 2017 | pemilik blog www.hailogue.com