selasar-loader

Posisi tertinggi apa yang cocok bagi seorang designer di sebuah startup?

LINE it!
Answered Nov 30, 2017

Misal saya adalah seorang desainer di initial tim sebuah startup. Ketika startup saya berkembang lebih besar, posisi apa yang cocok untuk saya? apakah VP Product cocok bagi seseorang yang berpengalaman di desain produk?


Arfi Bambani
Cofounder dan Chief Content Officer Selasar

apple_jonathan_ive_steve_jobs

Menurut saya, seorang desainer bisa saja menjadi Chief Executive Officer dari sebuah startup. Mengapa tidak?

Dulu, orang banyak berspekulasi Jonathan Ive yang saat itu SVP of Designs Apple akan menggantikan Steve Jobs yang sedang sekarat. Satu-satunya orang di Apple yang pandangannya soal desain bisa membuat Jobs terdiam adalah Ive. Jobs juga mengakui itu dalam biografinya yang ditulis Walter Isaacson. Keduanya sama-sama tergila-gila kepada desain Braun di Jerman yang sarat dengan filosofi "less is more".

Namun rupanya, Jobs lebih memilih Tim Cook yang berpengalaman di logistik sebagai penerusnya. Secara usia dan pengalaman, Cook jelas lebih senior daripada Ive. Namun, bukan tak mungkin suatu hari Ive yang berkebangsaan Inggris itu menjadi CEO menggantikan Cook.

Sepeninggal Jobs, Ive memanjat naik ke posisi baru diadakan untuknya, Chief Design Officer. Untuk diketahui, hanya ada 4 orang Chief di Apple, tiga lainnya adalah CEO Tim Cook, Chief Financial Officer Luca Maestri dan COO Jeff Williams.

Jadi, kalau ditanyakan, apa posisi tertinggi yang cocok bagi seorang desainer? Jawabannya bisa CEO itu sendiri.

Namun, yang jelas, VP Product seperti yang Anda sebutkan sangat segaris dengan profesi desain. Itu adalah posisi alami seorang desainer.

81 Views
Write your answer View all answers to this question