selasar-loader

Jika kamu bisa mengatasi satu masalah kesehatan di Indonesia, masalah apakah itu dan mengapa?

LINE it!
Answered Nov 29, 2017

Indonesia masih menghadapi berbagai permasalahan kesehatan. Di antara permasalahan-permasalahan itu, masing-masing dari kita tentu mempunyai pandangan tentang masalah mana yang paling perlu diatasi segera.


Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

Saya sejak awal masuk ke dunia kesehatan memang sudah memilih untuk fokus pada kesehatan anak. Anak adalah usia emas yang sangat penting diperhatikan karena kelak mereka yang akan memimpin bangsa ini. Sehingga untuk masalaah kesehatan saya juga berfokus pada masalah kesehatan anak.

Menurut data dari World Health Organization (2015) penyakit saluran napas menjadi penyebab utama angka morbiditas dan mortalitas pada anak diseluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang. Penyakit saluran napas dapat dijumpai dalam berbagai bentuk, salah satunya yang tersering dalam bentuk pneumonia. Pneumonia merupakan bentuk infeksi saluran napas bawah akut di parenkim paru yang serius.

Di Indonesia, pneumonia juga menjadi penyebab utama kematian dan kesakitan pada balita (Pusdatin, 2016). Hal tersebut dikarenakan tanda gejala yang umum terjadi seperti demam, muntah, batuk pilek, kesulitan bernapas, nyeri dada dan lain-lain. Sehingga orangtua pada umumnya menganggap anak sakit ‘biasa’ dan diberikan penanganan seadanya. Pneumnia yang dialami seringkali terdeteksi saat kondisi anak semakin parah.

Oleh karena itu, deteksi dini pneumonia adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Orangtua perlu dikenali sejak dini tentang tanda gejala yang mungkin muncul dan tindakan yang seharusnya diambil dalam memberikan pertolongan pertama pada anak.

Kesehatan anak menjadi faktor penting dalam proses tumbuh kembangnya menuju rema dan dewasa yang mampu menuntukkan kinerja dan karakter yang diharapkan.

Referensi :

1. WHO (2015)

2. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI (2016)

230 Views
Write your answer View all answers to this question