selasar-loader

Di mana kamu indekos selama kuliah di Yogyakarta? Apa alasan di sana?

LINE it!
Answered Nov 29, 2017

Via mamikos.com

Di daerah mana kamu ngekost selama kuliah di Yogyakarta? sebutkan alasanya :)


Muhammad Ali Izzah
Mahasiswa Penggiat Tata Ruang

Bagi saya yang merupakan mahasiswa program studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), memilih indekos menjadi tidak sederhana.

Mungkin bagi beberapa orang sederhana saja untuk memilihnya. Bisa jadi, fasilitasnya bagus, harganya murah dan lain sebagainya. Tetapi bagi saya, ternyata ada hal lain yang saya dapatkan dari ilmu perkuliahan saya yang saya dapatkan untuk pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Pertimbangan saya sebagai anak mahasiswa PWK akan memilih indekos dengan beberapa prinsip dalam penataan ruang. Namun terdapat satu yang paling vital bagi saya, yaitu aksesibilitas.

Aksesibilitas ini tidak hanya semata-mata lancar/tidaknya kendaraan masuk ke dalam area indekos. Tetapi, kita perlu melihat aksesibilitas dari perspektif manusia. Karena sejatinya, ruang perkotaan diciptakan untuk manusia. 

Kegiatan berjalan kaki tentunya akan lebih berkelanjutan ketimbang menaiki kendaraan. Maka perspektif aksesibilitas yang saya ambil adalah dengan cara berjalan kaki. Dari suatu indekost, apa saja fasilitas-fasilitas penunjang di sekitarnya yang dapat dicapai dengan berjalan kaki? Seberapa jauh? Tentunya, semakin banyak fasilitas-fasilitas yang bisa diakses maka bagi saya kualitas indekos itu semakin baik.

Semoga dapat memberi perspektif baru dalam memilih indekos.

185 Views
Write your answer View all answers to this question