selasar-loader

Siapa Bondan Winarno?

LINE it!
Answered Nov 29, 2017

Arfi Bambani
Chief Culinary Officer eh Chief Content Officer Selasar

IDpXfvC0qiBcwvkspt7qkB5KCzjheE_w.jpg

Jika ada orang bukan Minang yang paling mengerti soal makanan Minang daripada saya, Pak Bondan Winarnolah namanya. Beliau menghabiskan masa kecil di Kota Padang, sehingga sedikit banyaknya tumbuh dengan cita rasa masakan Minangkabau.

Beliau bahkan sudah pernah meneroka masakan-masakan unik di Sumatera Barat, menjajal dendeng baracik di Solok sampai rendang lokan di Tiku, Sumatera Barat, kampung saya. Khazanah pengetahuannya tentang masakan negeri kami jauh melampaui saya sekalipun.

Namun, fenomena Pak Bondan bukan fenomena Minangkabau saja. Dia adalah fenomena nasional. Restoran-restoran dan rumah-rumah makan dengan bangga memajang fotonya saat berkunjung makan. Fotonya seolah-olah adalah sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk kelezatan atau kenikmatan.

Saya tak mengenal Pak Bondan secara pribadi. Saya kenal beliau dari kerajinan saya mengikuti milis Jalan Sutra yang didirikannya. Satu kali, kami bertemu muka di sebuah kopi darat Jalan Sutra di sebuah restoran di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Mungkin beliau tak pernah ingat bahwa saya pernah berjumpa dengan dia.

Tak banyak anak-anak muda zaman now yang mengenal Pak Bondan sebagai seorang jurnalis. Karirnya sebagai jurnalis paripurna dengan sebuah buku hasil jurnalisme investigasinya yaitu "Bre-X: Sebongkah Emas di Kaki Pelangi". Pak Bondan adalah jurnalis yang membongkar skandal emas Busang yang membuat Indonesia diperbincangkan dunia.

Setelah itu, Pak Bondan mulai berkarir sebagai pengamat kuliner. Sebuah show di Trans7 bernama "Wisata Kuliner" melambungkan namanya. Ungkapan "Maknyuss" yang diucapkannya usai menjajal makanan menjadi ungkapan standar untuk kenikmatan dan konon dipatenkan oleh Pak Bondan.

Dan pagi ini, 29 November 2017, saya mendapatkan kisah, Pak Bondan telah berpulang. Selamat jalan, Pak Bondan. Terima kasih telah mengingatkan kita atas kekayaan negeri ini.

Sumber foto: akun Twitter Bondan Winarno @pakbondan

1471 Views
Write your answer View all answers to this question