selasar-loader

Mengapa tekanan di pipa yang sempit lebih kecil dibanding pipa yang penampangnya luas?

LINE it!
Answered Nov 22, 2017

Menurut prinsip Bernoulli, jika kelajuan fluida bertambah, maka tekanan fluida tersebut menjadi kecil. Jadi tekanan fluida di bagian pipa yang sempit (luas penampang lebih kecil) lebih kecil tetapi laju aliran fluida lebih besar. 
Kenapa tekanan di pipa yang lebih sempit lebih kecil dibanding pipa yang luas penampangnya lebih besar? Saya bingung karena bukannya tekanan semakin besar jika luas penampang semakin kecil. ( P = F/A) 


uD7r7NH9sfviYlpZhuNwA_mDHnul0ikc.gif

Tekanan memang didefiniskan sebagai gaya per satuan luas. Untuk memahami persamaan Bernoulli, kita harus tahu tekanan mana yang dimaksud. Tekanan yang dimaksud sebenarnya adalah tekanan statik pada sebuah titik di dalam fluida itu.

Tekanan ini dapat dipahami sebagai tekanan yang dirasakan ketika membayangkan diri sebagai sebuah partikel yang sangat kecil. Sebagai partikel yang sangat kecil, kita ikut bergerak bersama fluida dengan kecepatan kita yang sama dengan fluida tersebut. Artinya, pada saat itu, kecepatan relatif kita dengan fluida di sekeliling kita adalah nol. 

Ketika ukuran pipa mengecil, maka berdasarkan hukum kekekalan massa, fluida akan bergerak semakin cepat. Pada saat itu, energi yang digunakan untuk menekan kita digunakan untuk mempercepat fluida, sehingga tekanan menjadi berkurang.

 

Ilustrasi via homepower.com

156 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored