selasar-loader

Dukungan seperti apakah yang bisa diberikan kepada mereka yang mengidap kanker?

LINE it!
Answered Nov 21, 2017

Mari kita uraikan. Bisa saja itu dukungan orang terdekat, dari informasi yang diberikan misalnya, dan lain-lain.


Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

Sering kali saya mendengar kisah mereka yang melawan kanker dengan kekuatan besar dari dalam diri mereka sendiri. Di sisi lain, ada juga bentuk dukungan-dukungan lain, tentunya dari orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat.

Saya kali ini, memberi dukungan dalam bentuk tulisan.

ereLpg-z0w97hS0h9jt2X8bdrdFsTDBZ.jpg

Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara. Tanggal 30 Oktober lalu, saya menghadiri acara puncak Octobreast Cancer Festive yang digelar oleh komunitas Thinksurvive​ di Graha Pena. Acaranya dikemas dalam bentuk talkshow yang menarik. Saya menuliskannya ke dalam 4 tulisan berikut:

1. Kalahkan Kanker Payudara dengan Deteksi Dini Perubahan Payudara

Satu-satunya narasumber laki-laki di acara edutalkshow ini mengingatkan bahwa dalam mendeteksi perubahan pada payudara, janganlah terlalu cemas. Sebab perubahan bisa berarti banyak hal, bukan cuma kanker. Cuma satu persen deteksi perubahan pada payudara yang kemudian dinyatakan sebagai kanker. Selebihnya bisa inflamasi atau infeksi. Jangan langsung berpikir tentang “kanker”.

Saya mencatat satu hal penting dari edutalkshow ini, yaitu pentingnya mengubah mindset dalam mendeteksi payudara. Jangan mencari "ada kanker atau tidak" tapi tanyakan bahwa "adakah perubahan atau tidak".

http://www.mugniar.com/2017/11/kanker-payudara-deteksi-dini-perubahan.html

2. Kalahkan Kanker Payudara dengan Deteksi dan Antisipasi

Kalahkankanker.com dan Thinksurvive telah menyosialisasikan mengenai kanker payudara, termasuk bagaimana mendeteksinya. "Rumpian Beha" adalah salah satu alat yang dipergunakan. Apa itu "Rumpian Beha"? Anda bisa menyimak informasi "Rumpian Beha" selengkapnya, termasuk mengenai faktor risiko kanker payudara dan bagaimana langkah-langkah menurunkan faktor risiko itu, di tulisan ini.

http://www.mugniar.com/2017/11/kalahkan-kanker-payudara-deteksi-antisipasi.html

3. Peram Gizi dalam Atasi Kanker

Octobreast Cancer Festive memenuhi saya dengan aneka pengetahuan. Bukan hanya ahli onkologi, dokter Septiman, yang menjadi narasumber. Ada pula ahli gizi yang berbicara. Namanya Dr. Mardiana, Sp. GK (K). Ibu dokter ini membawakan presentasi berjudul Peran Gizi pada Tatalaksana Kanker. Di awal presentasinya, dokter Mardiana menyampaikan (dari data yang diperlihatkannya) bahwa prevalensi penderita kanker di Sulawesi Selatan di atas rata-rata, sementara Makassar menempati posisi tertinggi.

http://www.mugniar.com/2017/11/peran-gizi-dalam-atasi-kanker.html

4. Dukungan Mengalahkan Kanker

Selain kekuatan dari dalam diri sendiri, para survivor kanker memerlukan dukungan-dukungan lain. Contohnya adalah dukungan psikis, terutama dari keluarganya. Bentuk dukungan lainnya, bisa dibaca di tulisan ini:

http://www.mugniar.com/2017/11/dukungan-mengalahkan-kanker.html

Semoga bermanfaat! :)

388 Views
Write your answer View all answers to this question