selasar-loader

Siapa kandidat kuat pengganti Setya Novanto sebagai Ketua Umum Golkar?

LINE it!
Answered Nov 20, 2017

Anonymous

8W4Fj0JIXMMVKaHlNefDmLxyY-wMJ54k.jpg

Airlangga Hartarto. Dia adalah menteri perindustrian sekarang sekaligus putera mantan menteri perindustrian zaman Orde Baru, Hartarto. Ada istilah yang saya dengar dari salah seorang pimpinan Golkar yang juga petinggi salah satu komisi di DPR, "Golkar ini kan pemilik saham mayoritasnya sekarang ada di pemerintahan, kalau pemegang saham mayoritas meminta pergantian CEO, ya kami sebagai dewan direksi manut-manut saja". Jadi, sosok Ketua Umum Golkar setelah Setya Novanto akan sangat tergantung kepada siapa yang didukung oleh pemerintah saat ini.  

Jika Presiden Jokowi merasa perlu mengamankan Golkar untuk kepentingan pertarungannya di 2019, maka pilihan yang paling rasional adalah Airlangga Hartarto. Angga dekat dengan semua kubu di dalam Golkar, muda, dan beretnis Jawa. Trahnya jelas, orangnya gak neko-neko, dan yang paling utama, dia adalah anggota kabinet, langsung ring satu Presiden. Pascareformasi, Golkar dipimpin oleh generasi yang relatif tua dan beretnis non-Jawa (Akbar Tanjung, Jusuf Kalla, Abu Rizal Bakrie, dan Setya Novanto). Airlangga seolah berada begitu saja di panggung sejarah ketika kemelut datang, dan dia seperti memiliki momentum yang lebih baik dibandingkan kandidat lain hari ini. 

Apalagi Angga sudah menjawab, "Tergantung mekanisme organisasi dan Bapak". 'Bapak' di sini adalah Pakde Jokowi. 

Persoalannya tinggal cara Airlangga mengomunikasikannya dengan berbagai kubu di dalam Golkar. Aliran politik Angga tidak ambisius, orangnya juga humble. Jika dia mendapat restu Bapak (saya dengar-dengar begitu), mungkin dia akan melenggang smooth, menjadi titik kompromi di dalam berbagai kekuatan Golkar, dan bisa menjadi harapan baru bagi kalangan muda di dalam Golkar itu sendiri.

Demikian.

631 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored