selasar-loader

Apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari mempelajari sejarah Australia?

LINE it!
Answered Nov 14, 2017

Australia merupakan negara tetangga Indonesia yang jaraknya cukup dekat. Australia tidak jarang menjadi negara tujuan studi atau bekerja bagi sebagian warga negara Indonesia. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Australia menjadikan Indonesia sebagai garis pertahanan terdepan bagi keamanan negaranya. Lalu, kira-kira apa saja yang bisa kita peroleh dari mempelajari Australia, khususnya mempelajari sejarahnya?


Zulfian Prasetyo
Penikmat sejarah

ihUXjDVLhZwKGOccDlgL1-bWw1nEv6OE.jpeg

Izinkan saya mengawali elaborasi jawaban ini dari keterangan pertanyaan yang Anda buat. :)

Semua orang yang pernah melihat lokasi Australia tentu paham bahwa Australia merupakan negara tetangga Indonesia yang jaraknya cukup dekat. Kedekatan ini membuahkan sejumlah konsekuensi, salah satunya adalah bahwa Australia tidak jarang menjadi negara tujuan studi atau bekerja bagi sebagian warga negara Indonesia. Namun, bangsa Indonesia barangkali kurang belajar (atau mungkin tidak peduli-peduli amat) dengan sejarah, termasuk sejarah hubungan bilateral Australia-Indonesia. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Australia menjadikan Indonesia sebagai garis pertahanan terdepan bagi keamanan negaranya. Perkara Indonesia yang dijadikan buffer zone ini erat kaitannya dengan perang terhadap komunisme yang sempat menjalar dari Tiongkok ke bagian selatan bumi, mengarah ke Australia. Australia tidak ingin 'terinfeksi', hehehe. Namun dalam hal hankam, Australia yang sebenarnya 'anak' dari kerajaan Inggris ini lebih intim dengan Amerika Serikat.

Lalu, kira-kira apa saja yang bisa kita peroleh dari mempelajari Australia, khususnya mempelajari sejarahnya?

Manfaat pertama yang bisa diambil dari mempelajari sejarah Australia adalah memahami alasan di balik kebijakan-kebijakan luar negeri mereka. Pemahaman ini sangat membantu sehingga kala membaca berita-berita provokatif seputar hubungan Australia-Indonesia, seseorang tidak lagi menjadi "netijen" yang "sumbu pendek", hehehe.

Jadi begini. Di Australia, ada dua buah partai yang sangat dominan dan silih berganti menduduki tampuk kekuasaan; Partai Buruh (Australian Labor Party/ALP) dan Partai Liberal (Liberal Party). Dengan mempelajari sejarah Australia, Anda akan melihat bahwa para perdana menteri yang berasal dari Partai Buruh akan mengeluarkan kebijakan yang bersahabat terhadap RI. Sebaliknya, kebijakan-kebijakan termasuk komentar terkait Indonesia yang keluar dari para perdana menteri Partai Liberal biasanya memang laksana koyo campur balsam: panas! Yah, namanya juga beda visi.

Itu baru manfaat pertama. Bagaimana dengan manfaat kedua?

Manfaat kedua dari mempelajari sejarah Australia adalah menjadikan diri memiliki nilai tambah di mata orang Australia itu sendiri, sama halnya dengan orang Australia yang bisa bahasa Indonesia dan bisa main gamelan di mata kita. Apa manfaat turunannya?

  1. Memudahkan ketika belajar/bekerja di Australia
  2. Memahami budaya mereka, termasuk karakter dan nilai-nilai sosial yang mereka anut
  3. Memperbesar kemungkinan "jadian" ketika ngobrol dengan gebetan asal Australia
  4. Kelihatan lebih pintar di warteg ketika orang-orang sedang membicarakan topik Australia
Note:
Ilustrasi berasal dari perthnow.com.au. Saya ambil karena Australia mengingatkan saya pada channel Ozzy Man Review di Youtube. ;)

34 Views
Write your answer View all answers to this question